Politik Pemerintahan

Pemkab Siapkan Dana Stimulan Bagi Peternak Terdampak Covid-19

Kepala Dinas DKPP Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih.

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri tengah menyiapkan skema bantuan untuk para peternak di Kediri yang terdampak pandemi Covid-19 agar terus bisa melakukan kegiatan beternak di musim pagebluk seperti sekarang ini. Dana stimulan akan siap digelontorkan bagi 660 peternak ayam yang tersebar disejunlah daerah di Kabupaten Kediri.

Saat ini Pemkab Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan tengah membuat skema bantuan yang akan diberikan kepada para peternak yang merugi karena hasil produk hasil ternaknya tidak bisa dipasarkan dengan harga normal. Akibatnya, adanya penyebaran virus Covid-19 saat ini. Hal tersebut menyusul banyaknya peternak yang gulung tikar akibat pandemi Covid-19 .

Menurut Kepala Dinas DKPP Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih beberapa hari ini terkait dengan peternakan ada komoditas yang memang harganya turun karena over produk. Kendalanya adalah karena produk peternakan yang biasanya banyak yang dijual diluar kota saat ini sementara berhenti karena pandemi Covid-19.

“Bantuan tersebut saat ini masih dalam proses pengkajian dan segera disahkan agar para peternak tidak semakin terpuruk. saat ini pemkab kediri masih membuat stimulan agar bisa membantu mereka dalam bentuk memberi bibit ayam maupun pakan ternak,” kata Tutik.

Selain bantuan materi pihak Pemkab Kediri juga terus melakukan koordinasi dengan peternak untuk bekerja sama menyimpan barang hasil ternak. Diharapkan peternak harus lebih berhati-hati menjaga kandang dan benar-benar menghitung hasil dan pengeluarannya.

Lebih lanjut ia berharap para peternak bisa mematuhi segala bentuk larangan dan imbauan dari pemerintah. Dia juga meminta doa para peternak agar wabah yang hari ini ada di Kabupaten Kediri segera hilang. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar