Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pemkab Pasuruan Lakukan Uji Coba KTP Digital ke ASN

Pasuruan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan mulai melirik pemanfaatan KTP digital. Sehingga saat ini Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan melakukan tahap uji coba.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati. Tecto sapaannya akan memulai uji coba ini terhadap ASN dilingkungan Kabupaten Pasuruan. “Kalau untuk masyarakat umum masih belum. Kami masih sebatas pengujian untuk pegawai. Ini untuk memantau plus minusnya sebelum benar-benar diluncurkan ke masyarakat,” katanya.

Tecto juga mengatakan bahwa penerapan KTP digital merupakan kebijakan nasional dari Kemendagri. Hal ini dilakukan guna menyambut era digital dan memudahkan masyarakat.

Diharapkan untuk kedepannya tidak lagi harus melakukan cetak KTP untuk menunjukkan identitas. Namun hanya menunjukkan handphone masing-masing. “Kebijakan pusat ini, untuk bertujuan pula untuk mempermudah masyarakat. Karena, kedepannya tidak perlu menambah isi dompet dengan KTP manual seperti yang ada saat ini. Cukup dengan smartphone, semua data diri, baik KTP, hingga KK bisa ditunjukkan,” imbuhnya.

Meski begitu, penerapan KTP digital belum diterapkan sepenuhnya di Kabupaten Pasuruan. Karena penggunaan KTP manual seperti saat ini, masih banyak dibutuhkan terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone. “Ini juga menjadi kendala dalam penerapan KTP digital tersebut. Meski sebenarnya, hal itu bisa diatasi. Yakni dengan cara berdampingan, yakni KTP manual ataupun digital bisa diterapkan bersamaan,” ulasnya. (ada/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev