Politik Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Siapkan Rp 62 M untuk Pandemi Covid-19

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, menyiapkan anggaran sebesar Rp 62 miliar untuk menangani kasus penyebaran wabah virus corona alias Covid-19 yang sudah mulai mewabah di daerah setempat.

Total anggaran tersebut didasarkan pada usulan yang diajukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab Pamekasan, khususnya instansi yang terlibat secara langsung dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Sejumlah instansi (OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan) yang menangani dampak wabah virus corona ini mengusulkan anggaran, hasilnya muncul angka sebesar Rp 62 miliar,” kata Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Pencegahan Covid-19 Pamekasan, Totok Hartono, Jum’at (10/4/2020).

Dari total anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai langkah pencegahan hingga penanganan kasus Covid-19 di Pamekasan. “Anggaran itu akan digunakan untuk kebutuhan tujuh bulan kedepan, yakni hingga Oktober 2020 mendatang,” ungkap pria yang juga tercatat sebagai Sekda Pamekasan.

Berdasar catatan yang dihimpun beritajatim.com, terdapat sejumlah OPD yang ikut langsung dalam pencegahan dan penanganan wabah virus corona di Pamekasan. Di antaranya Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, RSUD Waru, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Selain itu juga terdapat Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Koperasi dan UMKM, Kesra Setkab, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diaparibud), serta sejumlah instansi lainnya.

Berdasar update data sebaran Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, Kamis (9/4/2020) kemarin. Terdapat sebanyak 7.303 orang dengan status Orang Dalam Resiko (ODR), 185 orang dalam status Orang Dalam Pantauan (ODP), serta dua orang lainnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang juga dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara terdapat dua orang lainnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona, satu orang tengah menjalani perawatan di RSUD Smart Pamekasan. Sedangkan satu orang lainnya meninggal dunia beberapa waktu lalu. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar