Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Permudah Sektor Layanan Masyarakat

Pemkab Pamekasan Mulai Gagas Layanan Drive Thru

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mulai menggagas program Layanan Drive Thru untuk pengurusan dokumen kependudukan, sekaligus berorientasi untuk memudahkan sektor layanan administrasi bagi masyarakat.

Gagasan program yang diberi nama ‘Sajen Senneng‘, nantinya akan menerapkan konsep Front Office and Back Office yang dipusatkan di area Jl Raya Panglegur. Kemungkinan di kompleks Mall Pelayanan Publik (MPP) yang dijadikan sebagai pusat layanan satu pintu.

“Saat ini kami berencana merelokasi Kantor Dispenduk Capil dari Jl Jokotole ke Jl Raya Panglegur, setelah proses reloksi selesai baru kita akan buat layanan Drive Thru dengan nana ‘Sajen Senneng‘,” kata Kepala Disduk Capil Pamekasan, Achmad Faisol, Jumat (27/8/2021).

Program tersebut diharapkan nantinya dapat meningkatkan sektor pelayanan, sekaligus mempermudah masyarakat. “Rencananya akan ada tempat perekaman e-KTP khusus di sebuah kontainer untuk program Drive Thru,” ungkapnya.

“Jadi layanan pengurusan dokumen kependudukan ini, masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan. Nantinya mereka akan kita berikan pelayanan berupa dokumen kependudukan yang rusak atau hilang,” sambung Faisol.

Selain itu, pihaknya menjelaskan khusus dokumen kependudukan KTP, Akte Kelahiran dan KK milik masyarakat Pamekasan yang rusak, nantinya tidak usah lagi ke front office. Tetapi bisa langsung membuat di layanan Drive Thru. “Ketika ada dokumen administrasi yang rusak. Maka tinggal bawa berkas yang rusak itu, tidak usah ke front office lagi, cukup ke Drive Thru itu,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan membuka layanan ‘Sapa Dispenduk’ sebagai layanan konsultasi secara dialog antara masyarakat dan pegawai Disdukcapil melalui via telepon. “Jadi nanti masyarakat yang tidak paham mengenai pengurusan dokumen kependudukan, bisa berkonsultasi langsung melalui via telepon dengan petugas,” imbuhnya.

“Perintah Bupati semakin cepat lebih baik. Saat ini kami masih merehab kantor, perangkat-perangkat dan jaringan, karena Disdukcapil itu tidak hanya sekedar mindah meja dan kursi tapi harus menyiapkan jaringan listrik dan jaringan internet,” pungkasnya. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar