Politik Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Launching Program Simpati Lansia

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam (kanan) menyuapi seorang lansia di Kelurahan Barurambat Kota, Pamekasan, pasca Lanching Program Simpati Lansia, Selasa (15/6/2021).

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyambangi sejumlah warga lanjut usia (lansia) sebagai bentuk kepedulian, sekaligus merealisasikan program Simpati Lansia yang digagas pemerintah setempat, Selasa (15/6/2021).

Program tersebut secara rill diresmikan oleh Bupati Badrut Tamam dalam kegiatan Launching Simpati Lansia yang digelar di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan. Bahkan bupati juga datang langsung ke rumah lansia dengan mengendarai motor.

Tidak hanya itu, bupati muda yang familiar dengan sebutan Mas Taman juga tanpa canggung membawa rantang makanan sekaligus menyuapi para lansia. Sekaligus mendoakan mereka agar selalu diberikan nikmat sehat dan berkah umur.

“Kami merasa (para lansia) seperti ibu kami sendiri, dan nyuapin orang sepuh ini bukan hanya (dilakukan) sekarang. Tatapi sering kami lakukan, terutama kepada umi kami sendiri di rumah,” kata Bupati Badrut Taman kepada sejumlah wartawan.

Diakuinya, gagasan program Simpati Lansia sengaja direalisasikan menyusul adanya informasi dari masyarakat tentang banyaknya lansia di daerah yang dipimpinnya. Terlebih mereka juga kurang mendapat perhatian akibat keterbatasan hidup.

Melalui program tersebut, pihaknya bersama Dinas Sosial (Dinsos) setempat juga mulai merancang untuk memberikan jatah makan dua kali sehari kepada para lansia. Terlebih kebijakan tersebut dikeluarkan melalui berbagai rangkaian verifikasi dan validasi yang relatif panjang, sehingga program tersebut tepat sasaran.

“Data lansia yang mendapatkan jatah ini tentunya sesuai dengan regulasi yang tertuang dalam Perbup, yakni lansia yang hidup sebatang kara, hidup bersama disabilitas tidak produktif, serta lansia yang hidup bersama anak tidak produktif untuk mendapat makanan tambahan yang sehat,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga menegaskan program tersebut nantinya akan melibatkan sejumlah pihak untuk mendatangi para lansia dengan membawa rantang berisi makanan sehat setiap pagi dan sore. “Jadi nanti akan ada petugas datang ke bu Ruk ini pagi dan sore pakai rantang isi nasi, ikan dan sayur,” tegasnya.

“Ini (Simpati Lansia) Program luar biasa, makanya kami minta keikhlasan dan kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada para lansia. Kenapa kita perlu ikhlas, sabar dan profesional, karena program ini seperti mengajarkan kita merawat ibu sendiri. Sekaligus mengajarkan kita agar memberikan pelayanan maksimal,” jelasnya.

Progam Simpati Lansia bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021, di mana sasaran dari program tersebut terdata sebanyak 400 orang lansia yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. Di mana mereka bakal mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar