Politik Pemerintahan

Pemkab Pamekasan dan Kominfo RI Luncurkan Program UMKM Go Online

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemkab Pamekasan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, memfasilitasi pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah melalui program ‘UMKM Go Online‘.

Program tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk membantu pemasaran produk hasil atau produk kerajinan masyarakat, sehingga nantinya bisa dikenal masyarakat secara luas dan tidak hanya masyarakat lokal ataupun regional semata.

“Program UMKM Go Online ini akan menjadi wadah efektif bagi para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka, sekaligus menjadi millenial talent hub bagi generasi muda kreatif di Pamekasan,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Rabu (27/2/2019).

Program tersebut juga dinilai bisa menjadi wadah bagi kaum muda yang berkiprah di bidang wirausaha, sekaligus menjadi sarana belajar bersama untuk mengembangkan proses jual beli online di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Pada awal 2000-an, sebuah produk yang harus dikenal masyarakat luas harus mengundang banyak orang ke satu tempat sekaligus menceritakan tentang produk yang hendak dijual. Namun saat ini dengan kemajuan teknologi, semua orang bisa menjual produk apapun dengan mudah, cepat dan terukur melalui aplikasi online,” ungkapnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab dirinya juga sempat merasakan beratnya memperkenalkan produk bagi masyarakat luas. “Dulu saat kuliah kami juga sambil jualan, makanya kami paham betul sulitnya memasarkan sebuah produk,” imbuhnya.

“Untuk mendorong hal itu, maka pemkab perlu membentuk pusat bakat milenial (millenial talent hub), sehingga para generasi milenial kita nanti bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi ini secara bijak dan bernilai ekonomis,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pencanangan UMKM Go Online sebagai turunan dari program aplikasi berbasis daring yang sempat diluncurkan beberapa waktu lalu, yakni Pamekasan Smart. “Dari itu kami sampaikan terima kasih kepara Kominfo yang bersedia membantu Pamekasan, melalui program ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, program aplikasi Pamekasan Smart merupakan layanan publik berbasis android guna memperluas jangkauan pelayanan publik. Sehingga masyarakat bisa melaporkan secara langsung berbagai keluhan yang berhubungan dengan pelayanan umum, semisal jalan rusak, jembatan ambruk dan lainnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar