Politik Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Apresiasi Program ‘Bus Kota’

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mengapresiasi prorgam inovatif Polres Pamekasan yang mengusung tagline ‘Bus Kota’ alias bermanfaat untuk sesama, komunikatif dan tanggap dalam pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Totok Hartono saat menghadiri peluncuran alias Launching Program Bus Kota yang digelar di Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Jum’at (24/1/2020).

“Pertama perlu kami sampaikan selamat kepada Polres Pamekasan, yang sudah mendapatkan penghargaan pelayanan publik terbaik (se Indonesia) pada tahun 2019. Semoga hal itu menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyatakat,” kata Totok Hartono.

Selain itu pihaknya juga berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi untuk program inovatif demi meningkatkan pelayanan publik yang saat ini secara resmi diluncurkan. “Kita berharap program inovatif hari ini, baik Bus Kota, Triple S (Silaturrahmi, Sambang dan Safari Jum’at) maupun BPS (Ball Picker Service) bisa mendapatkan penghargaan serupa di masa yang akan datang,” harapnya.

“Kami menilai apa yang dilakukan oleh Polri khususnya Polres Pamekasan, merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang meliputi delapan perubahan. Baik itu berupa perundangan, penguatan SDM maupun struktur organisasi, penguatan pengawasa, penguatan akuntabilitas hingga aspek pelayanan publik di lingkungan Polres Pamekasan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan jika maksimalisasi pelayanan publik merupakan salah bentuk birokrasi reformasi yang saat ini digalakkan oleh sejumlah instansi memasuki era milenial maupun disrupsi. “Namun yang pasti, pelayanan publik tidak akan berjalan baik tanpa adanya inovasi maupun program yang inovatif,” tegasnya.

Sebelumnya Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari menyampaikan peluncuran program tersebut sebagai salah upaya instansi yang dipimpinnya memasuki era global dan milenial yang berkembang di masyarakat. “Tentunya tuntutan dan harapan untuk pelayanan publik semakin meningkat, hal ini tentunya membutuhkan berbagai inovasi sebagai penunjang pelayanan yang prima,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari.

“Polri sebagai aparatur negara sebagaimana diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2002, selain penegakan hukum juga bertugas mengayomi dan melayani masyarakat. Sehingga tuntutan dan harapan masyarakat mengenai kemudahan pelayanan publik memotivasi Polri memberikan layanan prima untuk mempermudah sektor pelayanan publik. Salah satu melalui program Bus Kota,” tegasnya.

Program dengan tagline ‘Bus Kota’ memfasilitasi berbagai jenis pelayanan publik, di antaranya pelayanan perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pendaftaran Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga Surat Keterangan Hilang (SKH) dan lainnya.

Program tersebut nantinya akan memberikan layanan kepada masyatakat bersamaan dengan hari libur, khususnya layanan setiap hari Minggu yang akan digelar di area Monumen Arek Lancor Pamekasan, yakni bersamaan dengan momentum Car Free Day alias CFD. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar