Politik Pemerintahan

Pemkab Malang Pertahankan Nilai BB di SAKIP 2019

Malang (beritajatim.com) – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 untuk Pemerintah Kabupaten Malang, kembali mendapatkan nilai BB dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi alias Kemenpan RB.

Nilai SAKIP ini tidak berubah, pasalnya pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Malang juga mendapat BB. Penilaian SAKIP tersebut diterima langsung oleh Bupati Malang, Muhammad Sanusi pada acara SAKIP Award 2019 yang dilangsungkan di Resort Inaya Putri Bali, Senin (27/1/2020).

“Alhamdulillah, tahun ini untuk Kabupaten Malang kembali meraihnya lagi dengan predikat BB dari Kemenpan RB di Bali,” kata Sanusi, dalam rilis yang diterima dari Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Malang.

Penilaian dan evaluasi SAKIP itu sendiri dilaksanakan oleh Kemenpan RB mulai Mei hingga September 2019. Ada lima unsur yang masuk penilaian dan evaluasi, diantaranya perencanaan, pengukuran, pelaporan, dan capaian kinerja, serta evaluasi internal oleh APIP.

Menurut Sanusi, pihaknya menargetkan nilai A untuk SAKIP tahun depan. Dijelaskannya pula, perlu dilakukan pemantapan lagi bagi seluruh instansi terkait untuk meraih nilai tersebut.

“Kedepan harus ditingkatkan lagi, baik tentang pelayanan publiknya maupun akuntabilitasnya. Tentunya agar di tahun depan, kita bisa wujudkan target hasil penilaian SAKIP ini menjadi atau meraih nilai A. Semua yang terlibat dalam SAKIP harus kita briefing dan ajak studi replikasi minimal ke Banyuwangi, sehingga pelaksanaan di Kabupaten Malang bisa lebih baik,” pungkas Sanusi. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar