Politik Pemerintahan

Pemkab Malang Bakal Miliki Replika Panser Anoa

Malang (beritajatim.com) – Dalam waktu dekat replika kendaraan tempur jenis Panser Anoa akan diberikan PT Pindad Malang kepada Pemerintah Kabupaten Malang.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto mengaku senang. Menurut Didik, hal ini merupakan wujud positif dari bentuk kerjasama yang baik antara industri alutsista (alat utama system pertahanan) yang ada di Kabupaten Malang dengan Pemkab Malang.

Tidak hanya itu, hal ini juga menunjukkan bahwa di Kabupaten Malang terdapat kekuatan pangkalan militer. Salah satunya adalah Divisi Infanteri/2 Kostrad.

“Menurut saya hal ini baik ya. Sebagai wujud terjalin hubungan yang baik antara Pemkab Malang dengan PT Pindad. Ini menjadi wujud bahwa TNI selaras dan selalu merakyat,” ungkap Didik.

Didik menjelaskan, nantinya replika Panser Anoa akan ditempatkan di Stadion Kanjuruhan. Hal ini juga dinilai bagus karena bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum. Selain itu, juga diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Malang.

“Bagus, bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat di Kabupaten Malang. Sehingga mereka bisa belajar lebih dekat alutsista produksi dalam negeri,” tegasnya.

Terpisah, GM Munisi PT Pindad (Persero), Kolonel Budhiarto SE MM menjelaskan, Pindad akan berkoordinasi dengan Pemkab Malang untuk menyiapkan lahannya. Nanti jika tempatnya sudah siap dan seattle baru akan dipasang dan diserahkan kepada Bupati Malang.

“Replikanya sudah jadi, butuh disiapkan tempatnya,” ujar Budhiarto.

Budhiarto menambahkan, tujuan diberikannya replika panser Anoa kepada Kabupaten Malang adalah pertama, memperingati HUT ke 37 PT Pindad. Kedua, menunjukkan bahwa Kabupaten Malang merupakan tempat lokasi PT Pindad khususnya divisi munisi. Selain itu agar masyarakat Kabupaten Malang juga tahu bahwa di wilayah mereka di Kecamatan Turen, terdapat industri alutsista.

“Sehingga yang menjadi icon tidak hanya di Bandung saja. Padahal Kabupaten Malang juga terdapat industri alutsista,” pungkasnya. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar