Politik Pemerintahan

Pemkab Magetan Siapkan Perda untuk Tindak Pelanggar Prokes

Magetan (beritajatim.com) – Pelanggar protokol kesehatan akan ditindak tegas. Pemkab Magetan akan mengeluarkan peraturan daerah (perda) sebagai upaya pencegahan dan percepatan penanganan virus corona disease atau Covid-19.

“Melalui perda tersebut nantinya aturan hukum terkait prokes bakal lebih ditingkatkan. Mengingat kasus terkonfirmasi baru Covid-19 kini terus mengalami peningkatan,” kata Bupati Magetan Suprawoto saat dikonfirmasi, Rabu (20/1/2021).

Lanjutnya, akan ada perubahan perda. Ketua DPRD Magetan juga sudah sepakat untuk menerbitkan perda sebagai aturan hukum prokes di Magetan. Jadi, harus ada ketegasan aturan kepada masyarakat agar lebih disiplin.

Ketua DPRD Magetan, Sujatno, menyambut baik rencana penerbitan Perda Prokes di tengah Pandemi Covid-19 tersebut. Perda Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Ketertiban Umum dan Kententraman Masyarakat dapat diperkuat melalui perubahan yang difokuskan perkara Covid-19.

“Perda Trantib itu sifatnya lebih luas. Di dalamnya bisa dimasukan sangsi bagi perilaku yang mengganggu ketertiban umum, sanksi administratif dan sanksi lainnya,” kata Ketua DPRD Magetan.

Ketua Dewan berharap, upaya yang dilakukan Pemkab Magetan, DPRD Magetan serta seluruh stakeholder dapat menghalau wabah Covid-19 tersebut. “Semoga upaya seluruh Stakeholder dapat berdampak maksimal untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magetan,” ujar Sujatno. [asg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar