Politik Pemerintahan

Pemkab Magetan Siapkan Alat Transfusi Plasma Konvalesen

Bupati Magetan Suprawoto

Magetan (beritajatim.com) – Pemkab Magetan berencana melakukan pengadaan alat untuk pengambilan plasma konvalesen guna memaksimalkan penanganan pasien Covid-19.

“Terapi penyembuhan ini memang sedang menjadi pembicaraan. Apalagi, permintaan untuk plasma konvalesen semakin banyak. Agar upaya penyembuhan pasien Covid-19 bisa semakin cepat,” ujar Bupati Magetan Suprawoto, Jumat (22/1/2021).

Ia menambahkan, guna mendukung pengadaan alat tersebut Pemkab Magetan telah melakukan pembahasan dengan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur, sebab di wilayah Jawa Timur bagian barat belum ada yang memiliki alat tersebut. “Kita upayakan semaksimal mungkin, karena terapi plasma konvalesen dinilai cukup efektif sebagai salah satu pilihan penyembuhan Covid-19,” ungkapnya.

Menurut informasi, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terinfeksi virus tersebut untuk membentuk antibodi selama masa pemulihan.

Cara tersebut dinilai bisa meningkatkan peluang kesembuhan bagi pasien yang terpapar virus corona disease atau Covid-19.

Meski demikian, tidak semua penyintas Covid-19 bisa menjadi pendonor plasma konvalesen. Syaratnya, mesti sembuh paling tidak 14 hari dan telah melakukan swab test PCR sebanyak dua kali dengan hasil negatif atau dalam kondisi sehat.(asg/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar