Politik Pemerintahan

Pemkab Lumajang Siapkan Tempat Karantina Bagi Pemudik

Lumajang (beritajatim.com) – Pemkab Lumajang menyiapkan tempat karantina di SMPN 1 di Jl HOS Cokroaminoto, bagi para pemudik yang nekat pulang kampung. Hal ini untuk antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona atau dikenal dengan nama Covid-19.

“Kita bersama TNI dan Polri antisipasi pemudik yang pulang kampung bawa virus corona,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pada wartawan saat meninjau ruang karantina tersebut.

Masih kata dia, saat ini ada sekitar 6 ribu pemudik tiba di Lumajang, ada yang kategori orang dalam risiko (ODR), orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Namun, ada juga pendatang yang memiliki kondisi kesehatan bagus.

“Jadi para pemudik yang pulang kampung akan dikarantina dulu selama 14 hari di sini,” ujar Cak Thoriq sapaan akrban orang nomer satu di Lumajang itu.

Untuk memantau kedatangan pemudik dari luar kota, khususnya kawasan epedemi corona akan dilakukan pengawasan oleh Pihak Desa, Babinsa dan Bhabinkantibmas. Nanti, para pendatang dicek kesehatan dan dilakukan karantina 14 hari. “Untuk menjalankan karantina pemudik, kita cek kesiapan ruangan dan dapur umumnya,” paparnya.

Untuk pemantauan pemudik dari luar kota menuju Lumajang, Pemkab bersama Polres dan Kodim akan melakukan rakor guna membahas sistem pengawasannya. “Saya meminta warga Lumajang jangan mudik dulu, hingga wabah Corona terkendali. Mari kita lindungi keluarga,” pungkasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar