Politik Pemerintahan

Pemkab Lumajang Adakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Praktek pemulasaran jenazah covid-19 yang dilakukan Pemkab Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) – Tim gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kabupaten Lumajang melakukan pelatihan pemulasaran jenazah untuk diketahui oleh masyarakat di halaman Kantor Pemkab, Jum’at (17/4/2020).

“Kami prakteknya agar masyarakat mengetahui,” kata Direktur RSUD dr. Haroto Lumajang, dr. Halimi Maksum pada wartawan.

Masih kata, praktek pemulasaran ini bagian dari permintaan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sehingga dalam praktek sesuai SOP dengan agama dari pasien. “Selain kami memakai APD, tetap menghormati ketentuan agama,” jelasnya.

Para peserta pelatihan dari MUI, NU, Muhammdiyah, Kristen, Katolik, Hindu serta Ormas kemasyarakat lainya. Bahkan perwakilan dari camat untuk bisa mensosialisasikan ke masyarakat.

Wabup Lumajang, Indah Ampewati mengaku kegiatan ini agar masyarakat Lumajang memahami mengenai bahaya dari virus covid-19. Keamanan bagi para medis, keluarga dan masyarakat. “Saya tak ingin ada penolakan jenazah pasien covid seperti daerah lain,” paparnya.

Masih kata dia, dirinya melihat tolerasi ditengah masyarakat Lumajang masih terjaga dengan baik. Dirinya tidak ingin warganya mendapat informasi dari sumber tidak terpecaya. “Kami pemerintah ingin melakukan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar