Politik Pemerintahan

Pemkab Kediri Gali Potensi Kesenian Melalui Karya Tari Tingkat SMP

Karya Tari Tingkat SMP se-Kabupaten Kediri.

Kediri (beritajatim.com)– Untuk menggali potensi kesenian Kabupaten Kediri khususnya di bidang seni tari dan karawitan, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar acara gelar karya tari tingkat SMP se- Kabupaten Kediri. Acara yang berlangsung di pendopo tersebut dihadiri Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, peserta dari sanggar tari serta tim kesenian Banyuwangi.

Sebelum para peserta menampilkan karyanya, Bupati Kediri memberikan sedikit pengarahan. Beliau menyampaikan, selain untuk melihat potensi kesenian, kegiatan ini juga untuk menata pola-pola tarian yang tidak meninggalkan pakem Kabupaten Kediri.

“Tim kesenian Banyuwangi akan memberikan ide-ide, masukan serta perbaruan untuk tampilan tarian yang ada di Kabupaten Kediri, yang nantinya dapat ditampilkan di event-event besar serta penyambutan tamu,” kata Bupati Haryanti.

Selanjutnya para peserta mulai menampilkan masing-masing karya terbaiknya. Mereka terdiri dari 6 sanggar kesenian yang ada di Kabupaten Kediri, 5 sanggar dari SMP dan 4 sanggar karawitan. Tidak hanya gerakan tarian yang mengandung filosofi, properti yang digunakan juga memunculkan ikon potensi yang dimiliki Kabupaten Kediri.

Budiono, salah satu anggota tim dari Banyuwangi mengatakan, seluruh peserta menampilkan karyanya dengan sangat baik. Mereka sangat berpotensi dan warna daerah pun sudah terlihat dalam karya.

“Sesuai arahan Bupati, kami akan menambah dinamika. Dari 6 sanggar, diharapkan dapat meningkat dan kesenian di Kabupaten Kediri juga dapat lebih berkembang lagi,” ujarnya.

Selain itu juga akan dilaksanakan lomba-lomba untuk segala tingkatan, mulai SD, SMP, SMA dan sanggar tari. Hal ini sebagai upaya mengajak generasi muda untuk mengenal, mencintai dan ikut melestarikan kesenian budaya bangsa. [adv kominfo/nm]

Apa Reaksi Anda?

Komentar