Politik Pemerintahan

Pemkab Kediri Bersama Gudang Garam Hijaukan Lereng Kelud

Kediri (beritajatim.com) – Pemkab Kediri bareng PT Gudang Garam Tbk. Kediri mengadakan penghijauan daerah tangkapan air. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1216 tahun 2020.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan , penghijuan di lereng Kelud ini adalah bagian dari aksi penghijuan yang telah dilakukan di tempat lain. Pihaknya mengajak para pegiat lingkungan dan masyarakat pada umumnya untuk terus menjaga alam agar tetap lestari.

“Saya harapkan semua Desa bisa mengajak warganya untuk menjaga kelestarian alam. Kan ada Dana Desa, paling tidak ada 1 miliar, bisa disisihkan untuk penghijuan,” kata Bupati Haryanti.

Aksi Penghijauan tersebut juga melibatkan TNI – Polri, para pegiat lingkungan, siswa sekolah dan masyarakat Desa Sugihwaras sendiri dan digelar di lereng Gunung Kelud tepatnya di wilayah PDP Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngacar, Kabupaten Kediri.

Gudang Garam sendiri membantu bibit tanaman dengan jumlah kurang lebih 6.500 bibit. Bibit yang terdiri dari bibit pohon tanaman keras dan buah-buahan itu penanamannya diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab Kediri dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri.

“Untuk penanamannya kami serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kediri dalam hal ini kami telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri. Kalau tidak salah ditanam di kawasan pedesaan dan juga di kawasan lereng pegunungan” kata Kabag Humas PT GG Tbk. Ihwan Tri Cahyono.

Bupati mengucapkan rasa terimakasih atas partisipasi dan kepedulian dari PT. Gudang Garam serta pihak-pihak yang tidak bisa disebut satu per satu. “Untuk menjaga kelestatian alam ini, Pemerintah tidak bisa melakukan sendirian, tapi harus melibatkan semua pihak yang peduli dengan lingkungan”kata Bupati usai melakukan penanaman pohon cakaranda.

Masih menurut Bupati, di daerah yang rawan longsor selain ditanaman jenis tanaman keras, juga ditanami sejenis rumput namanya narwastu atau akar wangi. Narqastu akarnya bisa panjang, sehingga bisa menahan longsor. Bupati juga melarang keras ada pemotongan pohon.Bila terpaksa harus memotong, maka setiap pohon yang dipotong hatus diganti dengan menanam 3 pohon.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti  SE, MM, menjelaskan bahwa kegiatan penghijauan ini dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1216  tahun 2020. Menurut Putut, jenis pohon yang ditanam  ada pule, kemudian ada pucung, aren dan preh. Juga ada jenis tanaman buah  seperti nangka dan sirsak yang keseluruhan berjumlah 892 bibit. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar