Politik Pemerintahan

Pemkab Kediri Amini Pilkades Serentak, PKD Beri Apresiasi

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri mengamini permohonan para kepala desa (kades) untuk menyelenggarakan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 250 desa di tahun 2019 ini. Terhadap keputusan tersebut, Paguyuban Kepala Desa (PKD) sebagai wadah para kades menyambut positif.

“Alhamdulillah apa yang diharapkan oleh teman-teman Kepala Desa bisa melaksanakan Pilkades serentak diamini. Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Kediri,” ujar Abdul Hamid, Sekretaris PKD Kabupaten Kediri, Kamis (1/8/2019).

Sebagaimana hasil rapat bersama perwakilan kades dengan Pemkab Kediri dan Ketua TP3 Kabupaten Kediri Ir H. Sutrisno di Gedung Convention Hall SLG Kabupaten Kediri, pada Rabu (31/7/2019) kemarin, diputuskan Pilkades serentak 250 desa.

“Terima kasih teman – teman Kepala Desa yang terus berjuang dari segala lini. Dan juga ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman media yang mensupport Pilkades serentak 22019,” imbuh Kades Kwadungan ini.

PKD yang mewadahi para Kades akan mengawal proses Pilkades hingga terlaksana. “Kami para Kepala Desa akan mengawal sampai dengan kegiatan pilkades terlaksana 250 Desa. Untuk teknisnya, kami menyerahakan sepenuhnya kepada Pemkab Kediri untuk pembuatan tahapan Pilkades,” ungkapnya.

Sembari menunggu Pemkab Kediri membuat tahapan, imbuh Abdul Hamid, masing-masing desa yang hendak melaksanakan Pilkades akan mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan. Para kades yang akan segera memasuki masa akhir jabatannya, tengah merampungkan LPPJ sebagai wujud tanggung jawab tugas selama mengabdi.

“Selain infrastruktur, persiapan lainnya adalah lembaga BPD. Mereka yang punya hajat penyelenggaraan Pilkades. Di Kabupaten Kediri, sudah melaksanakan pengisian BPD dan yang lama akan segera berakhir waktu dekat. Selanjutnya ada pelantikan BPD baru,” kata Abdul Hamid.

Untuk diketahui, dari 250 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak 2019, sebanyak 35 sudah memasuki pentahapan. Sedangkan 215 lainnya akan segera menyusul. Pelaksanaan Pilkades sendiri, berdasadkan dari hasil pertemuan akan dihelat, pada Oktober 2019 mendatang. [nng/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar