Politik Pemerintahan

Pemkab Jombang Salurkan Bansos Beras PPKM 2021

Jombang (beritajatim.com) – Pemkab Jombang melakukan percepatan penyaluran bansos (bantuan sosial) beras. Hal itu sebagai tindak lanjut surat Perum Bulog Kanca Surabaya Selatan tanggal 26 Juli 2021 Nomor B-183/11/13B01/07/2021 perihal Penyaluran Bantuan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021.

Disampaikan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bahwa Pemerintah Pusat melalui Kemensos dalam rangka mengurangi dampak ekonomi pelaksanaan PPKM Jawa dan Bali telah memberikan bantuan sosial (bansos) beras diperuntukkan bagi masyarakat miskin penerima program PKH dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Penyaluran bantuan beras PPKM Darurat tahun 2021 ini semoga bermanfaat dan barokah, sehingga dapat mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) guna memenuhi sebagian kebutuhan pangan beras selama PPKM menghadapi pandemi Covid-19. Selain Bansos Reguler (uang tunai) yang diterimakan bulan Juli ini, masing masing KPM juga mendapatkan tambahan bansos berupa beras 10 kg,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati Hj. Mundjidah Wahab, bersama Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, Sekdakab Jombang, Akh. Jazuli disaksikan Asisten dan para Kepala OPD terkait dan para pendamping PKH pada Rabu (28/7/2021) melepas Satgas Beras yang akan menyalurkan beras untuk penanganan dampak Covid 19 dari Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang.

Disebutkan Bupati bahwa penerima beras di Kabupaten Jombang terdiri dari PKH sebanyak 53.673 KPM; kemudian BST sebanyak 63.078 KPM; sehingga total 116.751 KPM atau keluarga penerima manfaat.

Bupati juga meminta kepada para Camat untuk segera menyampaikan informasi ini kepada Kepala Desa/Lurah agar pelaksanaan penyaluran bantuan beras tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

“Pemerintah Desa saya harap untuk mengatur penerimaan Bantuan Sosial Beras guna menghindari kerumunan dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dengan ketat. Kepada Dinas Sosial saya minta untuk menugaskan pendamping PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pendamping Bansos Pangan untuk melakukan monitoring dan membantu pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial Beras,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Hari Purnomo mengatakan bahwa bansos beras ini disalurkan mulai hari ini untuk kecamatan Kabuh, Kudu, Ngusikan dan akan dilanjutkan kecamatan lainnya sampai dengan hari Sabtu, 7 Agustus 2021 sesuai jadwal. Dengan alokasi bantuan beras 10 kg/KPM kualitas CBP Medium. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar