Politik Pemerintahan

Pemkab Jember Salurkan Beras untuk Warga Isoman dan Pegawai Sektor Informal

Bupati Hendy Siswanto, Wakil Bupati Firjaun Barlaman, Ketua DPRD Itqon Syauqi, dan Komandan Distrik Militer 0824 Letnan Kolonel Infantri La Ode Muhammad Nurdin beri bantuan. [foto: Humas Pemkab Jember]

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai memanfaatkan 100 ton cadangan beras pemerintah di Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat yang terdampak PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat.

“Pertama, kawan-kawan karyawan pedagang kaki lima dan kafe-kafe yang jam delapan malam harus tutup semua, karena ada jam malam. Kedua, yang akan kami bagi sekarang adalah warga yang terkonfirmasi Covid dan menjalani isoman (isolasi mandiri),” kata Bupati Hendy Siswanto, Senin (12/7/2021).

Nantinya setiap orang mendapat bantuan 400 gram beras per hari selama dua pekan. “Jadi sekitar 5,6 kilogram per orang. Kalau satu keluarga ada empat orang, mereka akan mendapatkan 22,5 kilogram, karena yang dihitung adalah orang,” kata Hendy.

Selain itu, Pemkab Jember akan menggelontorkan beras yang berasal dari biaya tak terduga (BTT) Dinas Sosial untuk mendukung. “Supaya pembagian cepat dan tepat, Bulog harus menerima sasaran by name dan by address. Kalau tidak, mereka tidak akan mengeluarkan cadangan beras. Kami sudah punya by name by address desa. Ada 19 kecamatan yang dokumennya lengkap. Sekarang masih terus mendata menuju satu data,” kata Hendy.

Pemkab Jember berusaha mencapai 100 ribu orang sasaran bantuan. “Karena memang 0,4 kilogram tadi pegangannya. Kami akan coba mendistribusikannya,” kata Hendy.

Bagaimana dengan warga miskin? “Warga miskin sudah mendapat bantuan rutin dan kami masih mencari fakir miskin yang belum mendapat bantuan rutin, karena masih banyak di Jember. Yang tahu (datanya) Pak Kades (Kepala Desa). Yang belum dapat sama sekali dan belum diverifikasi juga masih ada,” kata Hendy.

Pemberian bantuan mulai dilakukan, Senin (12/7/2021) ini, dan diawali dengan kunjungan oleh Bupati Hendy Siswanto, Wakil Bupati Firjaun Barlaman, Ketua DPRD Itqon Syauqi, dan Komandan Distrik Militer 0824 Letnan Kolonel Infantri La Ode Muhammad Nurdin ke sejumlah warga yang melakukan isolasi mandiri dan pedagang kaki lima. Pembagian dilakukan bertahap. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar