Politik Pemerintahan

Pemkab Jember Pasang Bendera Merah di Depan Rumah Warga Isoman

Bupati Hendy Siswanto saat sidak di JSG

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyiapkan seratus tempat tidur di Stadion Jember Sport Garden untuk isolasi terpusat. Saat ini tingkat hunian tempat tidur di rumah sakit 76 persen.

“(Kapasitas isolasi terpusat di JSG) bisa lebih besar lagi, karena tempatnya memenuhi syarat. Hanya perlu ada perbaikan sedikit, seperti toilet yang airnya kurang lancar. Juga lantai tekel ada yang pecah, kami perbaiki. Perbaikan cepat. Tempat tidurnya belum ada alas, kami akan lengkapi,” kata Bupati Hendy Siswanto saat meninjau lokasi, Senin (2/8/2021).

Selain itu, Pemkab Jember melengkapi JSG dengan fasilitas lima titik wifi. “Insya Allah, mudah-mudahan yang tinggal di sini merasa betah dan cepat sembuh,” kata Hendy. Para pasien di JSG akan diajak berolahraga dan berjemur.

Kendati JSG sudah siap, Hendy berharap tidak ada pasien yang masuk ke sana dan jumlah kasus konfirmasi positif di Jember melandai. “Kualifikasi (pasien yang masuk isolasi terpusat) adalah orang tanpa gejala atau gejala ringan. Tentunya yang agak berat langsung ke rumah sakit,” katanya.

Hendy mengatakan, masih ada 154 tempat tidur yang tersedia di rumah sakit. “Cukup aman. Mudah-mudahan jangan ada tambah lagi,” katanya.

Pemkab Jember kali ini akan menguatkan program penanganan Covid di hulu. “Pencegahan dini. Sebagai motornya, kami akan pilih tiga kecamatan yang bermasalah, yang (angka konfirmasi positif Covid) tertinggi. Kami akan kumpulkan camat dan lurah, yang akan dibantu pengurus rukun tetangga dan rukun warga. Kami kolaborasikan dengan puskesmas dan Dinas Sosial,” kata Hendy.

“Kami akan keliling masuk ke tempat-tempat warga yang melakukan isolasi mandiri. Kami akan tracing (telusuri) di situ. Kami akan swab mereka, dan rumah yang ada warga isomannya kami akan pasang bendera merah,” kata Hendy.

Sebelum warga yang diketahui terkonfirmasi positif melakukan isolasi mandiri di rumah, petugas pemkab akan mengecek kondisi rumah tersebut. “Kalau cukup besar, kami akan izinkan. Tapi kalau tidak, akan kami bawa ke JSG, karena di JSG tempatnya bagus. Kami jamin makan dan obat-obatannya. Dokter lengkap. Saran saya bisa langsung ke JSG,” kata Hendy. Keluarga yang melakukan isolasi mandiri akan dibantu Dinas Sosial. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar