Politik Pemerintahan

Pemkab Jember Diminta Perkuat Kerjasama Semua Lini

Dannis Barlie Halim

Jember (beritajatim.com) – Bercermin dari masa pemerintahan sebelumnya, DPRD Jember, Jawa Timur, merekomendasikan kepada Bupati Hendy Siswanto agar memperkuat kerjasama di semua lini.

Dalam rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2020, DPRD Jember menyatakan penerimaan tugas pembantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi tidak optimal, akibat tidak adanya peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Perlu optimalisasi pencarian dan pemanfaatan dana dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi melalui tugas pembantuan dan penugasan, yang didukung dengan perencanaan yang matang dan pertanggungjawaban anggaran yang baik,” kata Dannis Barlie Halim, juru bicara DPRD Jember dari Nasdem. Tujuannya adalah untuk mendukung pembangunan Kabupaten Jember.

Pemkab Jember juga disarankan agar mengalokasikan anggaran untuk pemerintah desa sebagai pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan, untuk memperkuat dan mendorong pembangunan desa. “Perlu memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dengan instansi vertikal; daerah dengan daerah yang lain; maupun daerah dengan pihak ketiga, untuk pengembangan inovasi daerah, kemajuan daerah, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Dannis.

DPRD Kabupaten Jember meminta kepada Bupati Hendy Siswanto agar rekomendasi yang telah diputuskan parlemen benar-benar dilaksanakan. “Ke depan, diminta kemitraan ini dapat lebih ditingkatkan tanpa mengurangi peran dan fungsi pengawasan DPRD, untuk mendorong proses pembangunan yang berkelanjutan ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah Agus Sofyan, juru bicara DPRD Jember dari PDI Perjuangan. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar