Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pemkab Jember Buka Kesempatan Santri untuk Magang di Perusahaan dan Instansi

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, memfasilitasi kesempatan bagi para santri untuk magang di perusahaan dan instansi pemerintah.

Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman menyebut program ini bagian dari program ‘Wes Wayahe Pesantren Berdaya’ dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Para santri dipersilakan memilih tempat magang yang diminati.

“Jadi santri ketika lulus punya daya saing dengan yang lain. Tidak hanya menguasai ilmu agama, tapi kemampuan lain apakah di bidang pertanian, perdagangan, atau bahkan bidang pemerintahan. Terserah pondok pesantren mau mengarahkan santri ke mana,” kata Firjaun.

“Misalkan ingin magang di (budidaya) tembakau. Nanti Dinas Pertanian akan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Jadi santri biar dapat ilmu di luar pesantren. (Magang) bisa sebulan atau dua bulan,” kata Firjaun.

Firjaun menyebut proses magang itu tak ubahnya belajar sambil praktik. “Itu akan lebih melekat pada diri santri, ketika langsung praktik. Karena di negara-negara maju, 70 persen waktunya digunakan di rumah, 30 persen belajar teori di kelas, sehingga memiliki kemampuan berdaya saing,” katanya.

Nanti konsumsi untuk para santri yang magang ini akan ditanggung pemerintah daerah. “Jadi tidak hanya kemudian di ekonomi saja,” kata Firjaun.

Saat akan menyusun anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), peran pesantren akan dituangkan dalam rencana strategis. “Kami masih belum tahu program yang disusun OPD seperti apa. Yang bisa dikerjasamakan dengan pesantren apa saja,” kata Firjaun. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar