Politik Pemerintahan

Pemkab Jember Bakal Dirikan Tiga BUMD Baru

Hendy Siswanto dan Firjaun Barlaman (baju cokelat) saat berkunjung ke DPRD Jember [foto: Setwan DPRD Jember]

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman menyiapkan pendirian tiga badan usaha milik daerah (BUMD) baru. Selama ini Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, hanya memiliki Perusahaan Daerah Perkebunan Kahyangan dan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pandalungan.

Kabupaten Jember mempunyai 46 pasar besar yang melayani jual beli komoditas pertanian. “Dengan hasil pertanian yang sangat hebat, sudah wajib bagi kami untuk membuat perusahaan daerah pasar Jember,” kata Hendy, saat memberikan pidato sambutan dalam sidang paripurna serah terima jabatan kepala daerah dari Pelaksana Harian Bupati Hadi Sulistyo, di gedung DPRD Jember, Selasa (2/3/3021).

Selain itu, Hendy akan mendirikan perusahaan daerah yang melayani investasi dan sumber daya alam, perusahaan daerah yang menangani periwisata. Menurutnya, potensi pariwisata di Jember cukup besar. Salah satunya di Kecamatan Puger. “Di sana ada sungai air tawar sepanjang delapan kilometer yang bisa dijadikan tempat wisata,” katanya.

Jember sebenarnya pernah memiliki tiga BUMD. Salah satunya adalah BUMD Aneka Usaha, yang mengelola apotik dan stasiun pengisian bahan bakar umum. Namun belakangan BUMD ini gulung tikar. Tersisa dua BUMD yang mengelola perkebunan dan air minum.

Perusahaan Daerah Perkebunan beberapa tahun terakhir selalu mengalami kerugian dan tidak bisa memberikan sumbangan untuk pendapatan asli daerah. Bahkan terakhir perusahaan ini dilanda konflik internal. Sementara Perumdam sudah bisa menyumbangkan pendapatan asli daerah setelah sempat bertahun-tahun juga terbelit utang. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar