Politik Pemerintahan

Pemkab Jember akan Tuntaskan Pelayanan Adminduk di Kantor Kecamatan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jember Isnaini Dwi Susanti

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, tengah mengupayakan agar pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) oleh warga cukup dilakukan di kantor kecamatan.

“Ke depan kami ingin pelayanan tuntas adminduk ini di kantor kecamatan. Mulai 1,5 tahun lalu memang sudah ada yang di kecamatan. Tapi masyarakat masih saja ada yang ke kantor Dispendukcapil,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jember Isnaini Dwi Susanti, Sabtu (30/5/2021).

Susanti akan mengajukan program pelayanan adminduk di kantor kecamatan kepada Bupati Hendy Siswanto. “Bahkan masyarakat tidak perlu ke kecamatan, tapi melalui operator desanya, melalui sistem kami Lahbako, bisa mengirimkan (data) kepada kami. Kami verifikasi di kantor pusat. Nanti cetaknya ada di delapan titik di kecamatan,” katanya.

Saat ini, baru ada empat kecamatan yang sudah bisa mengurus berkas administrasi kependudukan, yakni Gumukmas, Jombang, Kencong, dan Umbulsari. “Paling lama empat hari. Misalkan dia perekaman KTP di kecamatan, dua hari sudah dicetak, karena petugas kami ada di (empat) kecamatan itu,” kata Susanti.

Susanti mulai menyosialisasikan kepada masyarakat agar melakukan pengurusan adminduk di kantor kecamatan darupada jauh-jauh ke kantor Dispendukcapil di Kecamatan Sumbersari. “Kasihan masyarakat kalau jauh-jauh,” katanya.

Sejauh ini, Dispendukcapil Jember sudah melampaui target yang dicanangkan pemerintah pusat dalam hal cakupan pengurusan adminduk. Total perekaman KTP elektronik sudah mencapai 99,85 persen, penerbitan kartu identitas anak (KIA) mencapai 46 persen, penerbitan akta kelahiran anak 93 persen. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar