Politik Pemerintahan

Pemkab Gresik Belum Putuskan Sekda Definitif

Gresik (beritajatim.com) – Hingga saat ini Pemkab Gresik belum memutuskan penetapan sekda definitif. Padahal, jabatan Bupati dan Wakil Bupati Gresik habis sampai 17 Februari 2021.

Sebelumnya, Pemkab Gresik siap mengembalikan jabatan Andhy Hendro Wijaya sebagai Sekda definitif. Namun, salinan putusan dari Mahkamah Agung (MA) sebagai upaya menolak hukum di tingkat kasasi dari pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, belum sampai ke tangan Bupati Sambari Halim Radianto.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik, Nadlif mengatakan, sampai saat ini masih menunggu salinan putusan tersebut. Sebab, apabila salinan sudah ada maka otomatis Andhy Hendro Wijaya langsung menjabat sebagai Sekda kembali. Tapi, persoalan lain akan muncul apabila salinan putusan itu belum turun ketika sudah terjadi transisi kepemimpinan.

“Kami masih menunggu salinannya. Tapi ketika nanti setelah transisi, kami belum ingin berkomentar banyak,” katanya, Senin (1/01/2021).

Selain posisi Sekda definitif, yang masih menjadi permasalahan lagi adalah posisi penjabat (Pj) sekda saat ini yang ditempati Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno.

Pejabat asal Pemprov Jatim itu, seharusnya sudah habis masa tugasnya. Artinya, sudah lebih dari enam bulan Abimanyu bertugas di Gresik. Sesuai Perpres nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekda, pasal 5 ayat 3 masa jabatan Pj sekda paling lama enam bulan.

Dalam SK Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jabatan Asisten III Pemprov Jatim sebagai PJ Sekda berakhir pada September 2020 lalu. Namun, karena jabatan definitif belum terisi, Abimanyu diperpanjang tiga bulan hingga Desember 2020.

Atas dasar aturan itu, Abimanyu seharusnya kembali ke jabatan tetapnya sebagai Asisten III Pemprov Jatim.

“Pemkab Gresik sudah menerima SK dari Gubernur terkait Pj Sekda. Kami menjelaskan, sesuai SK tersebut, Pj Abimanyu bisa terus menjabat sebagai pelaksana tugas hingga posisi Sekda definitif terisi,” pungkas Nadlif. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar