Politik Pemerintahan

Pemkab dan DPRD Bangkalan Pangkas Anggaran Demi Penanggulangan Corona

Komisi B DPRD Bangkalan.

Bangkalan (beritajatim.com) – Wabah virus Corona terus menyebar di berbagai wilayah. Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus tersebut, anggaran yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan DPRD setempat dipangkas.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron membenarkan adanya pengalihan anggaran tersebut. Ia menyebutkan, pemangkasan masing-masing OPD tak sama, disesuaikan dengan kemampuan keuangan tiap instansi.

“Ya betul, tapi tidak rata 30 persen. Namun disesuaikan dengan kemampuan tiap OPD-nya,” ujarnya, Selasa (7/4/2020).

Ia menambahkan, pengalihan anggaran itu bisa diambilkan dari perjalanan dinas, kunjungan, makan dan minum, serta peluang lain yang memungkinkan untuk digunakan.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bangkalan, Rokib mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat dengan seluruh pegawai kesekretariatan dan menyepakati akan mengalihkan anggaran sebesar Rp 3,014 miliar.

“Sudah kami rapatkan tadi, dari segala macam anggaran kita pangkas,” tegasnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengembalikan pembahasan tersebut pada pihak banggar untuk Dimatangkan. Selanjutnya, jika semua sudah menyepakati, maka anggaran akan dikumpulkan menjadi satu dengan OPD lain untuk digunakan sebagai dana penanggulangan Covid-19.

“Untuk teknis dan peruntukannya kewenangan Bupati selaku ketua Satgas,” tandasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar