Politik Pemerintahan

Pemkab Bojonegoro Lebih Cepat Deteksi Virus Corona

Petugas saat melakukan pengecekan cartridge virus Corona untuk mesin TCM di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin mengungkapkan, setelah melakukan uji coba mesin tes cepat molekuler (TCM) RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro telah mempu melakukan pengujian antigen Virus Corona secara mandiri dengan waktu yang relatif cepat.

Uji coba tersebut dilakukan setelah Pemkab Bojonegoro menerima bantuan cartridge (media pemeriksa) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melakukan pemeriksaan virus Corona. Batuan tersebut diterima oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

“Cartridge tersebut bantuan dari Kemenkes RI, kita hanya terima barang. Kalau alat TCMnya sudah lama ada. Yang penting disini kita sudah dapat ijin dari Kemenkes untuk melakukan uji swab sendiri,” terangnya, Senin (18/5/2020).

Sementara Direktur RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro dr Hastono mengatakan, batuan cartridge yang dikirim Kementerian Kesehatan sebanyak 120 unit. Sedangkan RSUD punya satu unit alat TCM yang memiliki empat modul yang bisa digunakan memeriksa empat spesimen Virus Corona. Setiap pemeriksaan hanya butuh waktu sekitar 45 menit untuk mengetahui hasilnya.

“Nanti disini juga akan menjadi tepat pemeriksaan dari daerah lain seperti Kabupaten Tuban, Lamongan, Jombang dan Mojokerto,” ungkapnya.

Hastono menambahkan, mesin atau peralatan TCM yang ada di RSUD tesebut merupakan bukan alat pembelian baru, tetapi sudah dimiliki pihak RSUD sejak 2013 lalu. Sejauh ini, peralatan tersebut digunakan untuk uji TBC (dengan menggunakan cartridge yang berbeda). “Saat ini dengan adanya cartridge khusus untuk Corona (termasuk system aplikasinya), yang diperoleh dari bantuan Kementerian Kesehatan RI, mesin tersebut dapat mendeteksi virus corona,” pungkasnya. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar