Politik Pemerintahan

Pemkab Bojonegoro Akan Bentuk BUMD Baru?

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengaku masih terus memproses pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru. Prosesnya saat ini salah satunya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengelola BUMD tersebut. “Jalan terus dan kita siapkan untuk SDM-nya,” ujarnya, Selasa (14/1/2020).

Terpisah, Kepala Bagian Perekonomian Bojonegoro, Dharmawan justru menunjukkan sikap ketidaktahuannya. “BUMD apa? belum ada Memorandum of Understanding (MoU) kok sudah bentuk BUMD,” kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Bojonegoro, Dharmawan,

Padahal, sejak Juli 2019, Bagian Perekonomian sudah melakukan kajian baik dari sisi regulasi maupun tekhnis rencana pembentukan BUMD baru di Bojonegoro. BUMD itu rencananya untuk mengelola PI Blok Tuban, BUMD untuk Jaringan Gas (Jargas), dan BUMD Pertanian.

Sementara itu, Anggota Komisi B, Doni Bayu Setiawan, mengimbau agar Pemkab Bojonegoro benar-benar melakukan kajian terlebih dahulu sebelum membentuk BUMD baru. “Eksekutif sekarang ini mengajukan beberapa Perda inisiatif salah satunya Perda pembentukan BUMD baru,” kata pria yang juga menjabat sebagai anggota Bapemperda ini.

Sejauh ini, belum ada pembahasan secara tekhnis terkait rencana pembentukan BUMD baru. Sehingga, pihaknya belum mengetahui lebih jauh lagi terkait tiga BUMD baru tersebut. “Kita belum bicara soal komitmen, tapi lebih pada kenapa membentuk BUMD-BUMD itu,” pungkasnya. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar