Politik Pemerintahan

Peminat Lowongan KPPS di Jember Kurang

Jember (beritajatim.com) – Jumlah peminat lowongan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kurang dari kebutuhan. Dari kebutuhan kuota 53.662 orang, jumlah pendaftar 52.017 orang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember Ahmad Hanafi mengatakan, persebaran peminat lowongan KPPS di 31 kecamatan tidak merata. Di sejumlah kecamatan, ada kekurangan 2.130 orang. Namun di beberapa kecamatan lainnya ada kelebihan pendaftar 1.133 orang. Kecamatan-kecamatan yang mengalami kekurangan pendaftar antara lain Sumberbaru, Sukorambi, Bangsalsari, Sumberjambe, Pakusari.

“Untuk TPS-TPS yang kelebihan pendaftar, maka akan ada mekanisme wawancara terbatas. Sementara untuk yang kurang, kami akan melakukan beberapa tahapan. Pertama, jika kekurangan tersebut karena faktor tidak memenuhi syarat dalam satu TPS, maka kami akan ambil pendaftar yang memenuhi syarat dari TPS yang lain,” kata Hanafi.

“Kalau misalkan itu tidak kami temukan, maka kami bisa menggunakan (pendaftar) yang semula (disyaratkan) berijazah SMA, bisa menggunakan ijazah SMP atau SD. Itu jika sudah tidak ada yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan,” kata Hanafi.

Hanafi mengataan tidak meratanya jumlah pendaftar ini dikarenakan tidak meratanya kesadaran politik warga dan kepemilikan persyaratan tingkat pendidikan. “Ada kesenjangan. Ternyata masyarakat kita memiliki pendidikan tak merata dari aspek persebaran. Kita lihat di dusun-dusun terpencil mengalami kesulitan, tidak merata persebaran masyarakat yang memiliki kualifikasi pendidikan setingkat SMA,” katanya.

Saat ini proses rekrutmen KPPS masih memasuki tahap penelitian administrasi selama enam hari. Setelah tahap itu selesai, maka tindakan untuk mengatasi kekurangan pendaftar akan dilakukan. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar