Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pemilu 2024, PAN Sediakan Rumah dan Uang Rp500 Juta untuk Peraih Kursi DPRD Jember

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kabupaten Jember, Jawa Timur, punya cara tersendiri untuk mendongkrak perolehan kursi di parlemen lokal dalam Pemilihan Umum Legislatif 2024. Partai ini siap mengganjar hadiah satu unit rumah dan uang Rp500 juta kepada setiap calon legislator (caleg) yang bisa meraih kursi DPRD Jember.

“Ini khusus PAN Jember untuk caleg DPRD Jember. Kami memberikan penawaran menarik yang berbeda daripada partai lainnya. Kami ingin mendapatkan caleg-caleg yang berkualitas, yang tidak berpikir dan berorientasi profit atau uang saja namun kemanfaatannya untuk masyarakat,” kata Ketua DPD PAN Jember, Abdussalam, Kamis (25/8/2022).

Salam mempersilakan setiap warga yang berminat menjadi caleg PAN untuk mendaftarkan diri. “Gratis, kami tidak memungut bayaran. Pendaftaran sudah dibuka hari ini. Sudah ada 20 orang pendaftar,” katanya.


Kalau seorang caleg gagal terpilih, lanjut Salam, DPD PAN Jember akan memberikan sejumlah uang kompensasi berdasarkan jumlah suara perorangan yang diperoleh. Syaratnya, perolehan suara caleg gagal itu minimal sekitar 20 persen dari perolehan suara caleg PAN yang terpilih.

“Nanti akan diganti Rp35 ribu per suara. Dari pusat, (kompensasinya) Rp25 ribu, DPD PAN Jember yang nambah (Rp10 ribu),” katanya.

“Kami berharap nilai gotong royong benar-benar dijalankan. Juga biar anggota DPRD Jember yang terpilih tidak korup. Anggaran itu sudah ada. Nanti kami yang menyiapkan. Dari DPW (Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jatim) juga ada. Itu konkret karena dibahas dalam musyawarah daerah,” kata Salam.

Dengan target tersebut, PAN berharap bisa memperoleh minimal enam kursi di DPRD Jember. “Kami tidak muluk-muluk. Per daerah pemilihan ada (kursi) atau mendapat 10 kursi itu sudah luar biasa. PAN ini kan dari dulu perolehan kursinya dua dan tiga kursi. Kami harus bikin yang menarik,” kata Salam.

Salam yang berprofesi sebagai pengembang perumahan tak membatasi jumlah bonus rumah. “Yang jadi 10 orang anggota Dewan dari PAN, kami siapkan 10 rumah. Kalau perlu kami bangun dulu. Kami membangun ribuan rumah. Kalau hanya 10 rumah, kami tidak eman,” katanya.

Setelah 50 bakal caleg terekrut, PAN Jember akan melakukan pelatihan. “Kalau 50 orang itu jadi semua, ya saya kasih rumah semua,” kata Salam.

Inovasi PAN Jember ini mendapat perhatian dari Dewan Pimpinan Pusat PAN. Salam mengaku dikontak Ketua Umum Zulkifli Hasan. “Barusan saja Bang Zul telepon saya: ‘Ini kamu terobosan banget. Gila kamu. Pas Rakernas (Rapat Kerja Nasional), kamu harus menghadap saya’,” katanya, menirukan ucapan Zulkifli Hasan. [wir/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev