Politik Pemerintahan

Pemerintah Pusat Biayai Rehab Ratusan Perpustakaan Sekolah di Jember

Kepala Dinas Pendidikan Jember Edi Budi Susilo

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah pusat akan merehabilitasi perpustakaan sekolah dan ruang kelas sekolah dasar dan sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pembiayaan rehab ini disalurkan melalui dana alokasi khusus kepada pemerintah kabupaten.

“Total anggarannya Rp 36,789 miliar. Saat ini kami sedang berproses untuk mulai dari rekrutmen tenaga pendamping sampai tahap selanjutnya yang dikerjakan masing-masing sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jember Edi Budi Susilo, Kamis (4/6/2020).

Menurut Edi, sebenarnya realokasi anggaran karena penanganan wabah Covid-19 membuat pemerintah daerah tak diperbolehkan melakukan pekerjaan fisik yang dibiayai DAK, kecuali untuk Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Anggaran sebesar itu untuk membiayai rehabilitasi 334 ruang di 303 lembaga, 294 di antaranya lembaga sekolah dasar negeri dan 9 lembaga sekolah menengah pertama negeri. “Kami (semula) mengusulkan 522 lembaga SD negeri dan 60 SMP negeri pada 2019,” kata Edi.

Perpustakaan paling banyak menjadi sasaran rehab. Sebanyak 275 ruang perpustakaan dan 46 ruang kelas di sekolah dasar akan direhab tahun ini. Hanya ada satu pembangunan ruang baru masing-masing untuk kelas dan perpustakaan. Sementara untuk SMP, ada tujuh ruang perpustakaan dan empat ruang kelas yang direhab.

Bagaimana dengan sekolah swasta? Edi mengatakan akan dibiayai anggaran pendapatan dan belanja daerah. “Kalau ada. Saya tidak ingat persis, karena ini ada refocusing, sehingga untuk APBD 2020 tidak lagi di Dinas Pendidikan, tapi di Dinas Cipta Karya. Oleh karena itu di data kami adalah DAK,” kata Edi. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar