Politik Pemerintahan

Pemerintah Larang Mudik ASN

Jakarta (beritajatim.com) – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) menerbitkan Surat Edaran nomor 36 tahun 2020 terkait Upaya Pencegahan Penyebaran Covid 19. Surat tersebut mengatur tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah Dan/atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid 19.

Dalam surat yang ditandatangani Menteri PAN RB TjahjonKumolo menyebutkan, berpedoman pada Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A.Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia yang menyatakan bahwa status keadaan tertentu darurat bencana berlaku sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

“Untuk mencegah perluasan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), dipandang perlu untuk menerbitkan Surat Edaran Memeri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang berkaitan dengan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik bagi Aparatur Sipil Negara pada Kernenterian / Lembaga / Daerah,” ujar Tjahjo dalam surat tersebut.

Dia juga menyatakan, untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran, serta mengurangi risiko COVID-19 yang disebabkan oleh mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya di indonesia, agar Aparatur Sipil Negara dan keluarganya tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik lainnya selama masa berlakunya status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona.

Tjahjo juga menekankan, para Pejabat Pembina Kepegawaian pada Kementerian/Lembaga/Daerah memastikan agar Aparatur Sipil Negara di lingkungan instansi pemerintah yang bersangkutan tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik sebagaimana dimaksud pada angka 2, dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang undangan yang mengatur mengenai disiplin pegawai.

Aparatur Sipil Negara juga diminta mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk tidak bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik dalam rangka Hari Raya ldul Fitri 1441 Hijriyah ataupun kegiatan mudik lainnya. Kemudian menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu (sacial/physical distancing). Membantu meringankan beban masyarakat yang lebih membutuhkan di sekitar tempat tinggalnya; dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Selain itu, Aparatur Sipil Negara agar menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat terkait dengan pencegahan penyebaran COVlD-19,” kata Tjahjo. [hen/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar