Politik Pemerintahan

Pemerintah Bagikan Motor Sampah ke Warga Malang

Anggota DPR RI Komisi 7 Moreno Soeprapto membagikan motor sampah.

Malang (beritajatim.com) – Anggota DPR RI Komisi 7 Moreno Soeprapto membagikan 40 motor sampah kepada warga Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu). Pembagian motor sampah merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup bersama DPR RI.

“Alhamdulillah Malang Raya mendapatkan bantuan, ini dibagikan ke temen-temen di kelurahan memang tidak semua kecamatan di Malang Raya. Tapi semangatnya adalah, bagaimana masyarakat turut aktif ikut menjaga kebersihan lingkungan,” kata Moreno, Rabu (20/11/2019).

Moreno menyebut, alasan Malang Raya dipilih sebagai daerah penerima motor sampah. Karena wilayah ini merupakan kawasan pariwisata. Biasanya, kawasan wisata memiliki volume sampah lebih banyak ketimbang daerah lainnya. Dia berharap motor sampah dapat mengurangi polusi sampah di Malang Raya.

“Ya minimal di tiap RT/RW kesadaran tidak membuang sampah sembarangan semakin membudaya. Ditambah lagi dengan motor sampah ini kan bisa sinergi. Jadi semua juga bisa turut aktif dalam berperan untuk membersihkan lingkungan. Mengubah kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke sungai atau ke jalan,” papar Moreno.

Selain itu, Moreno menyebut kedepan motor sampah bakal bersinergi dengan Bank Sampah di wilayah Malang Raya. Keberadaan motor sampah diharapkan mampu sejalan dengan visi Bank Sampah dalam mengurangi polusi limbah sampah rumah tangga.

“Kita fokus kepada masyarakatnya juga bisa bersinergi dengan bank sampah. Tapi yang paling penting dari tiap rumah dan tiap diri kita di masyarakat peduli akan sampah-sampah itu dan lingkungan hidup. Khususnya kebersihankan dimulai dari tiap individu individu ini melihat ada motor sampah bisa dioptimalkan,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar