Politik Pemerintahan

Pemberitaan Pers di Jember Sangat Dinamis

Wartawan saat mewawancarai Bupati Faida beberapa tahun sebelum pandemi Covid-19. [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Peran pers di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sangat besar. Kritisisme pers terhadap kinerja pemerintahan di Jember selama ini kuat.

“Pers di Kabupaten Jember sangat dinamis dalam memberitakan perkembangan-perkembangan aktual di masyarakat, baik itu terkait ekonomi, pembangunan, pemerintahan, kebijakan anggaran, dan lain sebagainya. Tanpa pers, saya kira masyarakat Jember akan kesulitan memperoleh informasi yang bermutu,” kata Charles Meikyansah, anggota Fraksi Nasional Demokrat di DPR RI, Rabu (10/2/2021).

Menurut Charles, pers memiliki prinsip-prinsip yang penting dalam menjamin mutu informasi yang disampaikan kepada publik, seperti independensi, kritisisme dan profesionalisme. “Saya jadi teringat kata-kata George Orwell, yang kurang lebih begini, ‘Kebebasan pers, jika itu berarti apa saja, berarti kebebasan untuk mengkritik dan menentang’,” katanya.

“Kritik dimaknai sebagai sebuah peringatan untuk memberikan informasi atau pemberitaan sebenar-benarnya, meskipun terkadang kebenaran itu pahit. Namun kebenaran harus tetap disampaikan. Saya rasa itulah, makna kritik yang harus terus dilakukan oleh semua insan pers,” tambah alumnus Himpunan Mahasiswa Islam ini.

“Di Jember, saya juga melihat bahwa insan pers sudah memberikan informasi dengan sikap kritis dan independensi yang kuat. Meskipun tetap tiada gading yang tak retak, adanya kelemahan atau kekurangan harus terus-menerus diperbaiki,” kata Charles. Dia berharap seluruh insan pers di Jember tetap bersikap kritis, independen, dan profesional dalam mejalankan peran pemberitaan dan penerangan kepada masyarakat. [wir/ted] 



Apa Reaksi Anda?

Komentar