Politik Pemerintahan

Pembayaran Gaji PNS Pemkab Sampang Molor

Sekda Yuliadi Setiawan

Sampang (beritajatim.com) – Lantaran terjadi perubahan system di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), gaji awal tahun 2021 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, molor belum terbayarkan hingga mendekati pertengahan bulan atau 12 Januari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Yuliadi Setiyawan saat dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut, bahwa molornya pembayaran gaji dampak dari kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mengharuskan memakai aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) hingga Desember 2020 kemarin, tetapi aplikasi itu seharusnya sudah bisa diakses oleh daerah ternyata belum dapat dibuka aplikasinya.

“Kemendagri melalui Video Confren (Vidcon) membolehkan daerah memakai sistem aplikasi lama, maka kita akan gunakan aplikasi lama untuk pembayaran gaji,” terang pria yang akrab disapa Wawan, Rabu (6/1/2021).

Selain itu Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD ) butuh waktu untuk memproses kelengkapan administrasi dan entri datanya terkait pencairan gaji ASN di masing-masing OPD di awal bulan Tahun Anggaran 2021. “Tetap diupayakan pembayaran gaji bisa dilakukan dalam waktu dekat,” tandasnya.

Sekedar diketahui SPID ialah suatu Sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar