Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pembangunan Tiga Gedung Forkopimda Gresik Diselesaikan Tahun Ini

Gresik (beritajatim.com)- Tiga gedung Forkopimda Gresik akan diselesaikan sampai tahun 2021. Ketiga gedung yang dibiayai dari APBD itu diantaranya rumah tahanan (Rutan) serta masjid di kompleks Polres Gresik, gedung penunjang Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik dan Gedung Kodim 0817 Gresik yang baru.

Saat ini, semua gedung yang dibiayai APBD tersebut sudah berdiri. Gedung Mapolres Gresik misalnya. Gedung yang baru beroperasi tahun ini menelan anggaran Rp 34 miliar secara multi years hingga 2021.

Gedung yang berlokasi di Jalan Wahidin Sudiro Husodo itu kembali diberi anggaran APBD sebesar Rp 9 miliar untuk penambahan fasilitas berupa rumah tahanan (Rutan) serta masjid. Tidak hanya itu, direncanakan ada perluasan ke belakang. Yakni, di lahan yang saat ini masih berupa area persawahan.

Pembangunan Mapolres Gresik tersebut, sudah dikerjakan sejak 2019 setelah Pemkab setempat menghibahkan tanah seluas 3.958 m2. Jika ditotal dana yang digelontorkan dari APBD berkisar Rp 43 miliar. Itu belum termasuk hibah tanah.

Sama halnya dengan gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Sejak 2019, Pemkab mengucurkan APBD secara multi years untuk gedung tersebut. Di tahun 2019, anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 4,8 miliar.

Di tahap kedua, yakni 2020, Pemkab Gresik kembali mengucurkan Rp 18,8 miliar. Karena belum selesai, di 2021 ini APBD kembali dikucurkan untuk pengerjaan finishing. Nilainya Rp 803 juta. Bahkan, di tahun 2022 pemkab kembali mengucurkan anggaran untuk tambahan gedung penunjang.

Kondisi ini berbeda dengan pembangunan Kodim 0817 Gresik. Sejak dianggarkan tahun 2020, gedung Kodim 0817 sejauh ini belum selesai. Bangunannya memang sudah berdiri, namun belum rampung.

Gedung di Jalan Kartini ini pada 2020 dianggarkan Rp 4,7 miliar. Sedangkan tahun 2021 hanya dianggarkan Rp 1,7 miliar untuk tahap II. Total untuk pembangunan gedung Kodim, Pemkab Gresik mengucurkan anggaran sebesar Rp 6,4 miliar.

Terkait dengan pembangunan ketiga gedung itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik Achmad Wasil mengatakan, tahun ini memang ada anggaran untuk Polres, yakni pembangunan fasilitas tambahan berupa Masjid dan Rutan.

Sementara untuk Kodim 0817, pihaknya meyakini tahun depan sudah tidak ada lagi. “Akhir tahun ini Insya Allah pembangunan gedung penunjang Kodim 0817 Gresik selesai,” katanya, Minggu (3/10/2021).

Menanggapi hal ini, secara terpisah Sekretaris Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembahasan terkait plot APBD 2022 mendatang. Nah, berkenaan tiga gedung tersebut, pihaknya membenarkan apabila sudah ada wacana penambahan lahan di area Mapolres Gresik.

“Untuk gedung Kejaksaan, tahun 2022 dipastikan ada anggaran tambahan sebesar Rp 1 miliar yang dipakai buat pembangunan masjid,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ke depan, penggunaan APBD apabila tidak terlalu mendesak diharapkan tidak menjadi peioritas. Apalagi untuk plot pengerjaan fisik. Karena sejumlah kebijakan anggaran saat pandemi kemarin berdampak pada belanja daerah. “Saya mengusulkan didahulukan yang penting-penting dulu,” pungkasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar