Politik Pemerintahan

Pembangunan Proyek Underpass Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik Dikebut

Gresik (beritajatim.com) – Pembangunan proyek jalan underpass yang memotong Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik terus dikebut. Jalan yang mulanya menanjak menaiki Bukit Randuagung tersebut kini dialihkan disebelahnya. Sedangkan Bukit Randuagung telah terbelah. Inilah sekelumit gambaran proses pembangunan proyek jalan underpass yang ditarget selesai akhir tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Gresik, Gunawan Setijadi mengatakan, tinggi terowongan jalan underpass yang melintas dari belahan utara ke selatan tersebut 4,7 meter dengan lebar 7,2 meter. Sedangkan lebar jalan 5,9 meter ditambah trotoar 1,5 meter. “Jika tak ada kendala Insya Allah akhir Desember 2020 nanti jalan underpass tersebut sudah selesai,” katanya, Rabu (16/09/2020).

Semula proyek pembangunan jalan underpass tersebut sempat terhenti karena izin dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) belum turun. Hal ini karena Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik merupakan jalan nasional. Sehingga, kewenangannya berada pemerintah pusat. Setelah surat perizinan sudah turun. Proyek yang diambil dari APBD 2020 sebesar Rp 5,2 miliar itu kembali dikerjakan.

Bupati Sambari Halim Radianto juga sempat meninjau proses pembangunan proyek underpass tersebut. Orang nomer satu di Gresik ini melihat langsung pekerjaan pengeboran bukit yang digunakan untuk underpass.

Tak hanya melihat langsung proses pengeboran bukit. Sambari juga bertanya tentang hal-hal teknis mulai dari lebar trotoar, lebar jalan. Bahkan, ketebalan dinding mendapat revisi. “Berapa ukuran besi ini. Batu apa yang akan dipakai untuk membangun dinding terowongan ini,” tanya Sambari kepada pimpinan proyek.

Seperti diketahui, proyek pembangunan underpass ini dibangun untuk mengatasi kemacetan. Sebab, Jalan Wahidin Sudirohusodo berdekatan dengan berbagai fasilitas pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Bahkan, perguruan tinggi. Di sekitar jalan nasional ini juga ada mall, hotel serta berbagai falilitas yang lain. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar