Politik Pemerintahan

Pembagian Masker dan Beras di Malang Justru Picu Kerumunan

Malang (beritajatim.com) – Bupati Malang HM Sanusi, Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto dan Forkopimda kembali terjun langsung memberikan bantuan masker dan beras di jalanan Kecamatan Gondanglegi, Jumat (1/4/2020) sore.

Ironisnya, pembagian itu justru menimbulkan kemacetan dan kerumunan orang cukup banyak. Padahal yang dibagikan hanya masker dan beras kepada pengguna jalan. Alhasil, aksi kedua sosok yang bakal mencalonkan diri sebagai Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang itu menimbulkan kemacetan.

Arus lalu lintas sejenak tersendat karena aksi seremonial pembagian masker yang dilakukan Bupati Sanusi. Pembagian masker juga tampak dilakukan secara berkerumun. Warga tampak melihat cara Sanusi mengenakan masker kepada warganya.

Kegiatan seremonial ini membuat himbauan ‘Physical Distancing’ atau jaga jarak aman yang selama ini didengungkan pemerintah setempat, tak ubahnya sia-sia. “Aslinya penerapan social distancing sudah kita lakukan. Jadi mereka pengendara jalan mengalir saja,” beber Sanusi usai membagikan masker.

Sanusi menegaskan, pemahaman masyarakat untuk mengenakan masker menurutnya perlu ditingkatkan. “Jadi rame ini kan hanya pembagian masker. Karena masyarakat belum menyadari betapa pentingnya masker tersebut. Karena Covid-19 itu satu-satunya paling efektif mencegahnya ya pake masker. Penularannya melalui droplet,” jelas Sanusi bercerita.

Acara seremonial sore itu tak hanya pembagian masker. Orang nomor satu di Kabupaten Malang tersebut juga melakukan pembagian sembako jenis beras kepada masyarakat yang membutuhkan. Kemasan beras yang diberikan masing-masing 10 kilogram dan 5 kilogram.

Total bantuan beras yang disiapkan sebanyak 1,5 ton. Bantuan dikoordinir oleh Dinas Sosial Kabupaten Malang. “Sasaran pembagian beras adalah warga kurang mampu, para sopir mikrolet dan tukang becak,” ujar Sanusi.

Pemerintahan era Sanusi sedang giat membagikan bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan. Bantuan yang disalurkan bertajuk penanganan Covid-19. Berbagai daerah sudah disambangi untuk penyaluran bantuan tersebut. Wilayah terpencil di Kabupaten Malang yakni Kecamatan Ampelgading juga sudah disambangi bupati. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar