Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pelebaran Jalan, Satpol PP Eksekusi 16 Bangunan di Wonokromo

Suasana penggusuran bangunan warga Wonokromo, Surabaya dekat JPO, Senin (18/10/2021).(Foto/Ade Mas Satrio).

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 16 bangunan yang ditempati warga Wonokromo, dieksekusi Satpol PP Kota Surabaya, Senin (18/10/2021). Proses eksekusi bangunan yang berlangsung didekat frontage Wonokromo berlangsung tertib dan lancar.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, puluhan personel Satpol PP, BPB Linmas, Dishub dan beberapa alat berat dikerahkan untuk melakukan eksekusi bangunan warga. Bahkan, polisi membentuk barikade untuk mengamankan Jalan Wonokromo arah Jalan Darmo,hingga membuat jalan menjadi padat dan macet.

Camat Wonokromo Tomi Ardiyanto mengatakan penutupan akses jalan sebelah kiri tersebut karena di lokasi tengah dilakukan eksekusi bangunan yang ditinggali warga untuk pelebaran jalan. “Itu bukan rumah ya. Tetapi bangunan. Bangunan ada yang jadi stan ada yang jadi warung. Sekitar 16-an,” katanya ketika dikonfirmasi.

Untuk ganti rugi, kata Tomi, semua ada gantinya berdasarkan putusan pengadilan. Dia menjelaskan Warga hanya mendapatkan ganti rugi bangunannya karena itu aset milik PD Pasar. “Kemudian pemerintah, karena itu tanah aset PD Pasar jadi yang diterima oleh warga itu ganti rugi bangunannya saja dan nilai ganti rugi tiap bangunan berbeda-beda,” paparnya.

Sempat bersitegang dengan warga, Tomi menyebut tidak ada, karena memang masih ada beberapa warga yang merasa belum puas. “Jadi berdasarkan hasil keputusan dari pengadilan terkait status tanah, bahwa aset disana itu milik PD Pasar atau Pemkot Surabaya. Namun sebagian warga merasa disana itu masih aset miliknya,” ungkapnya.

Sosialiasi, lanjut Tomi, sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu sebelum pandemi. Tetapi dilakukan penundaan karena pandemi. “Sosialisasi sudah dilakukan dari sebelum pandemi. Nah, karena sekarang momentnya sudah bagus, Covid melandai. Bisa dibilang warga sudah mempersiapkan lama,” tandasnya. (asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar