Politik Pemerintahan

Pelantikan Kades Terpilih di Gresik Dijadwalkan Bulan September

foto/ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Jika tidak kendala, pelantikan kepala desa (Kades) terpilih, berdasarkan hasil Pilkades serentak pada 31 Juli 2019 dijadwalkan di bulan September 2019.

Kabid Administrasi Pemerintahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gresik, Nurul Muchid menuturkan, tahapan pelantikan kades terpilih saat ini masih dalam proses. Diupayakan sebelum batas maksimal sesuai ketentuan yang berlaku, agenda pelantikan sudah bisa dilaksanakan. “Kalau tidak ada kendala rencananya di Bulan September 2019. Mengenai tanggal atau dalam minggu ke berapa kami belum bisa memastikan,” tuturnya, Kamis (29/08/2019).

Masih menurut Nurul Muchid, berdasarkan aturannya pelaksanaan pelantikan kades terpilih selambat-lambatnya harus dilakukan dalam tempo 74 hari. Rinciannya, proses penyerahan hasil dari panitia pilkades hingga ke Bupati Gresik maksimal 14 hari. Disusul kemudian dengan tahapan penetapan melalui Surat Keputusan (SK), sampai proses pelantikan adalah terhitung maksimal 60 hari.

“Jadi batas terakhir harus dilaksanakan pelantikan sampai bulan Oktober 2019. Tapi kami upayakan tidak sampai itu, biar para kepala desa terpilih bisa segera bekerja dan proses pemerintahan di desa juga dapat berjalan,” paparnya.

Mengenai sejumlah pihak yang merasa belum menerima hasil pilkades lanjut Nurul Muchid, DPMD Gresik telah menyampaikan aduan kepada Pemda Gresik. Dan semua itu akan disikapinya sesuai ketentuan yang berlaku. “Sudah kami adukan dan kami masih menunggu. Yang pasti ketentuan tersebut sudah sesuai dengan aturan,” tandasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar