Politik Pemerintahan

Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Malang 2019-2024 Akhir Bulan Agustus

Malang (beritajatim.com) – Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dari partai politik dan calon terpilih pada pemilu tahun 2019, sudah selesai digelar, Sabtu (27/7/2019) lalu.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini, Senin (29/7/2019) menjelaskan, tahapan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menindak lanjuti surat arahan yang diterima dari KPU Pusat Republik Indonesia pada 26 Juli kemarin. KPU Pusat memerintahkan agar pihaknya segera menetapkan kursi dan 50 nama calon terpilih.

”Siapa saja nanti partai yang akan mendapatkan kursi, dan nama-nama calon terpilih sudah dibacakan dalam rapat pleno. Kursi terbanyak didapatkan dua partai peserta pemilu yakni PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa. Keduanya dengan jumlah kursi masing-masing 12 kursi. Terkait sengketa PHPU yang ada di Kabupaten Malang sudah disampaikan dan diarahkan oleh KPU Pusat bahwa sudah clear dengan berdasar salinan putusan Mahkamah Konstitusi. Misalnya, PKB mencabut permohonannya atas Dapil VI pada tanggal 22 Juli kemarin,” terangnya.

Anis melanjutkan, penetapan baru digelar pihaknya usai menunggu arahan lebih lanjut dari KPU Pusat dengan berdasar diterbitkannya surat bernomor 1057 pada 25 Juli kemarin. KPU Kabupaten Malang baru menerima surat itu pada 26 Juli.

”Dengan demikian, secara sengketa tersebut memang sudah clear sehingga PHPU bisa disampaikan sudah tidak ada lagi. Sehingga KPU Kabupaten Malang bisa melakukan tahapan penetapan kursi dan nama calon terpilih,” bebernya.

Masih kata Anis, secara kegiatan sudah tidak ada. Tetapi secara administrasi terkait penetapan calon terpilih, masih ada. “Setelah ini kita lakukam pengusulan pelantikan calon terpilih. Kalau jadwal pelantikannya, sudah menjadi ranah Seketaris DPRD,” kata Anis.

“Tetapi yang sudah sempat disampaikan ke saya, pelantikan kemungkinan pada tanggal 30 Agustus 2019. Karena pada 1 Oktober 2019 sudah harus menjalani sumpah jabatan,” pungkas Anis. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar