Politik Pemerintahan

Pelanggan Air Perumda Giri Tirta Gresik Kaget Tagihannya Membengkak

Gresik (beritajatim.com) – Pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta Gresik kaget tiba-tiba tagihan airnya Membengkak. Padahal, pemakaian air wajar tapi tagihan bulan Agustus 2021 naik hingga 100 persen.

Salah satu pelanggan yakni Lailatul Khoiriyah misalnya. Pelanggan asal Kecamatan Menganti itu, kaget ketika melihat tagihan di Agustus mencapai Rp 112 ribu atau naik Rp 48 ribu jika dibandingkan bulan Juli yang hanya Rp 64 ribu.

Laila sapaan akrabnya mengaku pemakaian air di bulan Agustus tergolong wajar. Malahan sangat minim. Sebab, di rumahnya hanya ada tiga orang saja. Pemakaian air harian hanya untuk mandi, masak, mencuci piring dan mencuci pakaian.

Terkait dengan ini dirinya tidak pernah lupa akan kebiasaan menghemat air. Yakni, kran air milik Perumda Giri Tirta selalu dimatikan ketika bak mandi sudah penuh. “Saat bak mandi kosong baru dinyalakan untuk mengisi, setelah itu dimatikan lagi,” ujarnya, Rabu (1/09/2021).

Mengenai persoalan itu, dirinya juga pernah mencoba mengadu ke perusahaan pelat merah itu melalui pesan singkat whatsapp. Tapi tidak ada respon dari petugas nomor aduan itu. “Mau panggil petugas kerumah tapi tidak tahu caranya karena kesibukan kerja,” paparnya.

Kondisi yang dialami Laila juga dirasakan oleh pelanggan lainnya yang mengeluhkan membengkaknya tagihan air. Secara terpisah mengenai hal ini, Dirut Perumda Giri Tirta Siti Aminatus Zariyah mengungkapkan ada tiga kemungkinan tagihan air mengalami peningkatan. Yakni dihitung kumulatif pemakaian karena saat petugas pengukur meter ke rumah pelanggan sedang terkunci. Bisa juga meteran air mengalami kerusakan sehingga tidak akurat, atau ada kondisi pipa bocor di jalur saluran rumah tangga.

Untuk lanjut dia, dirinya meminta pelanggan lebih proaktif melalui aplikasi ‘Gita Ceria’ di smartphone. “Harus ada interaksi, pelanggan bisa melakukan pengaduan atau pengukuran meter mandiri melalui aplikasi tersebut,” pungkasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar