Politik Pemerintahan

Pekerja Migran Pulang ke Banyuwangi Wajib Rapid Test dan Isolasi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Dua orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru saja dipulangkan dari Malaysia tiba di Banyuwangi. Mereka langsung menjalani rapid test di kantor Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banyuwangi.

Mereka adalah satu orang perempuan dan seorang laki-laki. Keduanya berasal dari Kecamatan Tegalsari dan Kecamatan Muncar.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan, kedua PMI ini merupakan tenaga kerja migran yang dipulangkan oleh Pemerintah Malaysia lantaran tak memiliki kelengkapan surat (ilegal).

“Mereka dipulangkan melalui Jakarta dan kemudian dipulangkan ke Surabaya. Selanjutnya, mereka langsung dipulangkan ke Banyuwangi,”

“Sesuai dengan prosedur mereka harus dirapid test. Meski mereka sudah dirapid test di Jakarta dan Surabaya. Karena mereka dari zona merah maka kita rapid test lagi,” ujar Kapolresta, Sabtu (18/4/2020).

Hasil rapid test, kata Kapolresta, kedua PMI tersebut negatif. Oleh karena itu, mereka langsung dipulangkan ke desa masing-masing untuk kemudian menjalani isolasi mandiri.

“Hasilnya negatif. Tapi mereka wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Namun kami minta kepada masyarakat tidak melakukan diskriminasi terhadap keduanya. Kita harapkan tidak ada penolakan,” kata Kapolresta.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat mengatakan kedatanganĀ PMI asal Indonesia akan terus berlanjut. Pihaknya telah menetapkan aturan bahwa siapapun PMI yang datang di Banyuwangi, harus melakukan pemeriksaan di kantorĀ BP2MI.

“Meski yang bersangkutan sudah diperiksa di bandara, tetap harus menjalani prosedur daerah. Lapor dan diperiksa dulu di kantor BP2MI. Dari situ, kita akan melakukan tindakan lanjutan. Kalau ada gejala klinis covid akan kami arahkan ke fasilitas keeehatan terdekat, kalau terlihat sehat ya harus isolasi mandiri,” pungkas Alam. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar