Politik Pemerintahan

Pejuang NIP, Ada 2.063 Formasi CPNS dan PPPK di Ponorogo

Kepala BKPSDM Ponorogo, Winarko Arief.(foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Setelah absen pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19, tahun ini Pemkab Ponorogo kembali membuka rekrutmen untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tidak hanya formasi untuk CPNS, pemkab setempat juga membuka formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Tahun ini kami dapat formasi yang cukup besar. Yakni untuk CPNS dan PPPK mendapatkan jatah 2.063 formasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo,¬†Winarko¬†Arief, Selasa (15/6/2021).

Dari ribuan formasi yang didapatkan untuk Ponorogo itu, porsi lebih besar untuk PPPK. Yakni ada 1.910 lowongan, dengan rincian sebanyak 1.714 untuk formasi tenaga guru. Sedangkan sisanya untuk formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis masing-masing 148 dan 49 lowongane

“Untuk PPPK lowongannya mencapai ribuan, sedangkan CPNS lebih sedikit yakni hanya ratusan, tepatnya 153 formasi CPNS,” katanya.

Dari 153 formasi CPNS itu, rinciannya sebanyak 96 lowongan untuk tenaga kesehatan dan sisanya 57 lowongan untuk tenaga teknis. Meski sudah mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini, namun Winarko masih enggan menyebut kapan tanggal untuk melakukan pendaftarannya. Dia berdalih masih menunggu pengumuman lanjutan dari Pemerintah Pusat.

“Belum ada pengumuman atau surat kapan pendaftaran akan dimulai. Saat ini kami masih menunggu intruksi dari Pusat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Winarko menghimbau kepada pejuang CPNS dan PPPK untuk tidak percaya kepada orang yang mengaku bisa memasukan sebagai PNS atau PPPK atau calo. Dia meyakinkan bahwa hal tersebut tidak ada. Peserta harus percaya pada kemampuan diri sendiri. Dengan selalu rajin belajar, kuasai materi yang ada dan tidak lupa berdoa.

“Jangan ada golek dalan (cari calo) untuk jadi PNS atau PPPK. Itu (calo) tidak ada. Tetap PD dan kudu sinau (harus belajar),” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar