Politik Pemerintahan

Pejabat dan Camat di Tuban Jalani Tes Urine

Tuban (beritajatim.com) – Guna mendukung pemberantasan dan pencegahan perederan Narkoba di wilayah Kabupaten Tuban, semua pejabat dari eselon III dan eselon II di lingkungan setempat menjalani tes urine.

Tes urine bagi para pejabat itu dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban. Selain tes urine, para pejabat juga mendapatkan sosialisasi tentang narkoba, Kamis (28/2/2019).

Pelaksanaan tes urine bagi pejabat mulai Camat hingga Sekda ini dilakukan di kantor Pemkab. “Kegiatan ini dilakukan sebagai komitmen Pemkab Tuban dalam memerangi narkoba. Dilibatkannya pejabat dalam tes urine ini merupakan pertanggungjawaban aparatur terhadap profesinya,” terang Budi Wiyana, Sekretaris Dearah (Sekda) Tuban usai tes urine.

Selain itu, dengan melibatkan para pejabat untuk melakukan tes urine diharapkan mampu menjadi tauladan bagi para staf masing-masing dinas untuk ikut memerangi Nakroba. Hal tersebut sebagai antisipasi perpindahan peredaran narkoba dari kota ke desa-desa.

“Kita mengimbau pada BNNK Tuban untuk sinergi dengan OPD dan kecamatan serta desa guna mengantisipasi adanya perpindahan peredaran narkoba.Yang awalnya di kota berpindah ke desa,” ungkap Budi Wiyana.

Dalam tes urine tersebut disinyalir terdapat sejumlah pejabat yang tidak hadir. Sehingga Sekda meminta pejabat yang berhalangan hadir supaya tes urine susulan. “Kami atas nama Pemkab Tuban menyampaikan terima kasih kepada kinerja BNNK yang terus berupaya memberantas peredaran narkoba di Tuban Bumi Wali ini,” tambah Budi.

Sementara itu, Kepala BNNK Tuban menjelaskan bahwa kegiatan tersebut untuk screening awal. Sehingga hasil dari tes urine tersebu bukan untuk ranah hukum.

“Tes urine dilakukan bukan untuk ranah hukum, tapi hanya screening awal. Diharapkan para pejabat dapat memberi contoh terhadap bawahan agar terus memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata AKBP I Made Arjana, Kepala BNNK Tuban. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar