Politik Pemerintahan

HUT Ke-48

PDIP Surabaya Tumpengan untuk Anak Yatim

Ketua DPC PDIP KOta Surabaya Adi Sutarwijono

Surabaya (beritajatim.com) – Menyambut ulang tahun PDI Perjuangan yang ke-48 pada 10 Januari 2021, DPC PDIP Kota Surabaya membagikan 48 tumpeng untuk anak yatim piatu di panti asuhan dan organisasi-organisasi keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, komunitas Hindu, Gereja Kristen dan Katolik, komunitas Budha, Konghucu, dan aliran kepercayaan.

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono mengatakan, dalam filosofi Jawa, nasi tumpeng disebutkan sebagai bentuk representasi hubungan ketakziman manusia kepada Tuhan yang disimbolkan dengan bentuk tatanan nasi yang mengerucut ke atas secara vertikal. Selain itu, isian nasi tumpeng yang diletakkan secara horizontal melambangkan pentingnya menjaga hubungan manusia dengan sesamanya.

“Sehingga ulang tahun partai ini kami maknai sebagai wujud syukur kepada Tuhan, sekaligus pengingat bahwa semua kader harus terus berjuang dan hadir membantu sesama manusia untuk hidup yang lebih baik, khususnya kita bergotong royong membantu sesama menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Adi Sutarwijono, Sabtu (9/1/2021).

Dia menambahkan, tumpeng juga dibagikan ke masyarakat kampung di 31 kecamatan. Masyarakat diajak mengikuti perayaan HUT PDI Perjuangan ke-48, yang akan disiarkan secara virtual, sekaligus mengikuti pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri.

“Kita ingin merayakan HUT PDI Perjuangan ke-48 dengan kompak dan solid. Melibatkan seluruh pengurus hingga Anak Ranting, Ranting di 154 kelurahan, PAC-PAC di 31 kecamatan, DPC Partai, anggota DPR-RI, DPRD Jatim, DPRD Kota Surabaya, Plt. Walikota, paslon Eri Cahyadi-Armudji, dan semua badan-badan PDI Perjuangan,” papar Adi.

“Kami berharap, rakyat Surabaya merasakan kegembiraan, kebahagiaan, dan optimisme dengan HUT PDI Perjuangan ke-48,” imbuh ketua DPRD Surabaya tersebut.

Tumpeng-tumpeng itu, sambung Adi, berasal dari gotong royong Plt. Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Calon Walikota Eri Cahyadi, Calon Wakil Walikota Armudji, seluruh anggota DPR-RI dari Dapil Surabaya-Sidoarjo yaitu Puti Guntur Soekarno, Bambang DH, dan Indah Kurnia. Juga dari gotong royong anggota DPRD Jawa Timur Dapil Surabaya, yaitu Agatha Retnosari, Agustin Poliana dan Yordan Bataragoa, serta dari 15 anggota DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDIP.

Selain membagikan tumpeng, terang Adi, PDIP Surabaya juga akan melakukan penanaman pohon trembesi dan bibit sayur mayur di bantaran sungai di kawasan Sememi. Penanaman dilakukan pengurus PDI Perjuangan bersama warga setempat.

“Sesuai arahan Ibu Megawati Soekarnoputri, kader PDI Perjuangan di mana pun berada harus menjadi pelopor kelestarian lingkungan, membangun kesadaran hijau untuk masa depan anak-cucu,” tuturnya.

“Di Surabaya, hal tersebut juga terus dilakukan sejak hampir 20 tahun terakhir di era kepemimpinan PDI Perjuangan dengan terus menambah ruang terbuka hijau, revitalisasi sungai, pengembangan energi berbasis sampah, dan sebagainya,” pungkas Adi. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar