Politik Pemerintahan

Pilkada Malang 2020

PDIP Klaim Pasangan SANDI Menang Versi Hitung Cepat

Malang (beritajatim.com) – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut 1, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto atau SANDI menang pada hasil hitung cepat alias quick count di sejumlah lembaga survei.

Menanggapi hal ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan selaku parpol pengusung Paslon SANDI langsung memberikan pernyataan terkait keunggulan yang didapat dari beberapa lembaga itu.

“Selanjutnya kami akan tunggu rekapitulasi manual. Tentu kami menghormati wewenang KPU untuk perhitungan manual,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, dalam konferensi pers di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Jalan Mojosari Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (9/12/2020).

Basarah menegaskan, PDI Perjuangan telah melakukan inventarisasi, monitoring dan evaluasi hasil hitung cepat tersebut. Dengan tegas, Basarah menyatakan, SANDI memang unggul atas pasangan calon lainnya dalam hitung cepat.

“Pada malam ini, saya Ketua DPP, pemangku Pilkada Jatim berdasarkan hasil cepat sementara, mengumumkan pasangan SANDI telah mengungguli pasangan calon lain,” terang Basarah.

Hasil hitung cepat dari Jaringan Isu Publik atau JIP yang terdaftar di KPU Kabupaten Malang, Paslon nomer urut 1 SANDI meraih 45,99 persen. Paslon nomer 2 LADUB 41,60 persen. Paslon nomer 3 Heri Cahyono-Gunadi Handoko 12,41 persen.

Hitung cepat JPI ini sudah 100 persen data masuk dengan tingkat partisipasi pemilih sebanyak 57,81 persen. Sementara hasil hitung cepat dari lembaga survei Charta Politika Indonesia dan Lingkaran Survey Indonesia Denny JA menyatakan, pasangan nomer 1 SANDI meraih 45,6 persen suara.

Nomer urut 2 LADUB 41,9 persen. Dan Paslon nomer urut 3 Heri Cahyono-Gunadi Handoko atau pasangan independen, meraih 12,5 persen suara. Berikutnya hasil hitung cepat dari kamar hitung Internal PDI Perjuangan Kabupaten Malang, SANDI meraih 45,18 persen suara. Kemudian Paslon LADUB 42,07 persen suara. Dan calon independen MALANG JEJEG 11,9 persen suara.

Terakhir, hasil hitung cepat dari Times Indonesia, SANDI unggul 45,09 persen. LADUB dengan 42,90 persen. Dan MALANG JEJEG 12,01 persen. Terpisah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno menuturkan, keunggulan SANDI pada hitung cepat ini merupakan kemenangan bagi masyarakat Kabupaten Malang.

Untari pun mengajak masyarakat agar menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Malang. “Dengan angka perolehan suara tersebut, sesuai dengan yang kita inginkan. Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Kabupaten Malang. Mari kita jaga keamanan Kabupaten Malang,” Untari mengakhiri. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar