Politik Pemerintahan

PDIP Jatim Buka Pendaftaran Pilkada 19 Kabupaten/Kota Secara Terbuka Hingga 14 September

Surabaya (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah untuk 19 kabupaten/kota yang akan Pilkada serentak tahun 2020.

Pendaftaran dibuka 9-14 September 2019 di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri Surabaya.

“PDI Perjuangan menjaring kandidat dari kader partai dan masyarakat umum, setahun sebelum Pilkada serentak 2020. Ini bukti keseriusan PDI Perjuangan dalam menggodok calon-calon pemimpin daerah yang siap bekerja total, bekerja habis-habisan, semata-mata demi kesejahteraan masyarakat di daerahnya,” ujar Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Pemenangan Pemilu, Deni Wicaksono di Surabaya, Selasa (10/9/2019).

Dengan melakukan penjaringan jauh-jauh hari, lanjut Deni, PDIP ingin menghasilkan calon pemimpin daerah yang berkualitas dan mampu memenuhi ekspektasi publik.

“Proses seleksi calon pemimpin daerah yang diusung PDIP tidak singkat. DPP PDIP akan melakukan verifikasi, tes psikologi, tes kemampuan analisis kebijakan publik. Juga akan ada sekolah calon kepala daerah/ calon wakil kepala daerah, di mana para kandidat mengikuti pendidikan yang langsung dimentori para kepala daerah sukses dari PDIP seperti Bupati Ngawi Budi Sulistiyo, Walikota Tri Rismaharini, Gubernur Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama, Bupati Azwar Anas, Bupati Badung Giri Prasta, dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan tahapan-tahapan itulah, sambung Deni, bakal terseleksi kandidat dengan kualitas pengetahuan dan psikologi yang mumpuni untuk memajukan daerah.

“Karena bagi PDIP, penentuan kandidat dalam Pilkada bukan ajang transaksi politik, tapi sebuah langkah strategis yang penuh kontemplasi untuk memilah dan memilih hanya calon yang benar-benar terbaik bagi rakyat,” jelas Deni yang juga anggota DPRD Jatim ini.

Deni menjelaskan, pendaftaran calon kepala dan calon wakil kepala daerah tersebut gratis. “Pada 2020, akan ada 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada. Silakan bagi seluruh WNI yang ingin mengabdikan diri memajukan 19 kabupaten/kota tersebut untuk mendaftar di DPD PDIP Jatim. Prinsipnya, DPD PDIP Jatim membuka pendaftaran seluas-luasnya, baik untuk kalangan internal maupun eksternal partai,” ujarnya.

“Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00-20.00 WIB setiap harinya mulai 9-14 September 2019, sekaligus pada rentang waktu itu adalah masa pengembalian atau pengumpulan berkas pendaftraran,” imbuh Deni.

Adapun syarat-syarat pendaftaran sesuai adalah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berkas-berkas tersebut akan diberikan oleh penitia pada saat pendaftaran.

Deni menambahkan, selain di DPD PDIP Jatim, pembukaan pendaftaran telah dilakukan di masing-masing DPC PDIP (struktur partai tingkat kabupaten/kota) pada 5-14 September. Ada DPC PDIP yang mengumumkan proses tahapan pendaftaran dan ada yang memang tidak mengumumkannya karena menggunakan penjaringan tertutup. Semua itu telah diatur dalam Peraturan Partai nomor 24 tahun 2017. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar