Politik Pemerintahan

PDI Perjuangan Raih 11 Kemenangan di Pilkada Serentak

Malang (beritajatim.com) – Pasangan calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menang di 11 daerah se Jawa Timur dalam Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Dominasi PDI Perjuangan begitu kentara. Pasalnya, ada 19 daerah yang menggelar Pilkada tahun ini. Pasangan calon PDI Perjuangan yang unggul di 11 daerah diantaranya berada di Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kota Surabaya, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, Kota Blitar, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno mengatakan, keunggulan partai berlambang banteng di 11 daerah sebenarnya diluar ekspektasi. Mengingat, target PDI Perjuangan memenangkan Pilkada di 13 daerah. “Target sebenarnya 13 daerah,” ujar Untari, Kamis (10/12/2020).

Untari menegaskan, ada banyak faktor yang membuat pasangan calon PDI Perjuangan gagal menang di 8 daerah. Salah satu yang utama adalah faktor politik uang.

“Sebenarnya sudah all out. Tapi faktornya macam-macam, politik uang dimana-mana, itu yang harusnya ditertibkan oleh KPU dan Bawaslu. Contoh di Sidoarjo itu seperti pasar, semua mengeluarkan uang di depan banyak orang,” terangnya.

Dari hasil Pilkada serentak di Jatim tahun ini, Untari menyampaikan, akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Namun, evaluasi tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. “Ya pasti ada. Tapi tidak sekarang. Kan masih perhitungan di PPK. Kita tetap harus menghormati itu,” ucap Untari.

Ditanya perihal kemungkinan adanya gugatan hasil Pilkada nanti, Untari bilang, telah menyiapkan segala langkah-langkah yang dibutuhkan. Termasuk untuk Kabupaten Malang yang diketahui perolehan hasil suara masih rawan digugat.

“Sejak Pilkada digelar kami sudah siap. Menggugat maupun digugat. Itu kan hak konstitusi masing-masing. Kita tetap hormati. Kita persiapkan diri semuanya,” Untari mengakhiri. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar