Politik Pemerintahan

PDAM Tirta Dharma Ponorogo dapat Dana Rp 3 M dari Pemerintah Pusat

Direktur PDAM Tirta Dharma Lardi

Ponorogo (beritajatim.com) –  PDAM Tirta Dharma akan mendapatkan dana segar dari pemerintah pusat. Pasalnya dari anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) ada penyertaan modal senilai Rp 3 miliar kepada perusahaan daerah (perusda) milik Pemkab Ponorogo tersebut.

“Jadi ini ditalangi daerah dulu dari APBD. Setelah itu baru pusat yang mengganti ke daerah,” kata Direktur PDAM Tirta Dharma Lardi, Rabu (2/9/2020).

Penyertaan modal tersebut untuk percepatan peningkatan cakupan pelayanan air minum. Diantaranya untuk memperluas jaringan baru, hingga memperbanyak sambungan rumah. Target dari pemerintah pusat, 2030 PDAM harus melayani 100 persen kebutuhan air minum daerah.

“Saat ini, jumlah pelanggan PDAM di Ponorogo berjumlah 25 ribu atau pelanggannya masih 16 persen,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Sekda Ponorogo Agus Pramono, Dia menyebut jika penyertaan modal ini penting digunakan untuk mengembangkan bisnis dan pelayanan PDAM. Penyertaan modal itu masuk dalam rancangan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (R-APBDP) 2020. Dicantumkan sebagai bagian dari sisa lebih penghitungan anggaran (SILPA) 2019 senilai Rp 43,1 miliar. Sebanyak Rp 40, 1 miliar dari SILPA tersebut digunakan menutup defisit belanja dan pendapatan daerah.

“Sedangkan Rp 3 miliar menjadi milik PDAM. Ditalangi dulu APBD, baru nanti pusat mengganti ke daerah,” katanya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar