Politik Pemerintahan

PCNU Dukung Hak Menyatakan Pendapat DPRD Jember

Pimpinan DPRD Jember menemui Pengurus Cabang NU Jember untuk menyosialisasikan hasil sidang paripurna hak menyatakan pendapat.

Jember (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama mendukung langkah-langkah DPRD Jember, Jawa Timur, terkait penggunaan hak menyatakan pendapat. Pasalnya, ini terkait dengan kemaslahatan masyarakat Jember.

“Secara politis, kami memang tidak masuk untuk ikut ambil bagian pada proses ini. Tapi secara moral kami bisa memberikan dukungan sepenuhnya, baik melalui pernyataan-pernyataan sikap maupun ikut memberikan pemahaman kepada warga masyarakat,” kata Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, saat menerima rombongan pimpinan DPRD, di kantornya, Kamis (30/7/2020).

Menurut Abdullah, jika ada tanggapan miring terhadap langkah DPRD Jember, NU bisa ikut memberi pencerahan dan mendudukkan persoalan pada porsinya. “Harus ada penyeimbang informasi yang tidak cukup hanya disampaikan unsur DPRD,” katanya.

Abdullah menilai, saat ini ada pihak yang mencoba melokalisir persoalan di Jember bukan pada carut-marutnya pemerintahan di Kabupaten Jember, tapi lebih pada perseteruan bupati dengan DPRD. Tujuannya untuk memunculkan simpati dari kalangan masyarakat. Ada pandangan bahwa pemakzulan terhadap Bupati Faida oleh DPRD Jember akan meniadakan program bantuan yang selama ini diterima warga. “Di sinilah PCNU bisa mengambil peran untuk ikut membangun opini positif terhadap langkah-langkah DPRD,” katanya.

“Kalau ada warga NU dan pengurus yang bertanya, saya sampaikan, bahwa PCNU terlibat dalam seluruh proses ini walau secara moral. Ketika DPRD ke Jakarta (bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian beberapa waktu lalu), PCNU ikut mendampingi,” kata Abdullah.

Sebagaimana diberitakan, DPRD Jember resmi memakzulkan Bupati Faida secara politik, Rabu (22/7/2020). Bupati Faida dinilai melanggar peraturan perundang-undangan. Usulan pemakzulan ini akan dibawa ke Mahkamah Agung dalam waktu dekat. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar